Dalam “Buku-Buku Penting Seputar Bahasa Indonesia”, saya menobatkan Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik sebagai buku pertama yang sangat membantu saya dalam mempelajari bahasa Indonesia. Buku itu ditulis oleh anggota Departemen Linguistik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Di bawah naungan Gramedia Pustaka Utama, buku setebal 273 halaman tersebut diterbitkan pada 2005 dan disunting oleh Kushartanti, Untung Yuwono, serta Multamia Lauder.

Buku itu mencakup tiga bagian. Pada bagian pertama yang bertajuk “Mengenal Bahasa dan Linguistik”, kita akan diajak untuk memahami definisi, sifat-sifat, serta ruang lingkup bahasa dan linguistik. Bagian tersebut juga menguraikan hubungan antara bahasa dan otak, proses produksi bunyi dalam tubuh manusia, dan faktor sosial dalam bahasa. Bagian pertama Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik lantas ditutup dengan sejarah aksara dan ejaan.

Kemudian, pada bagian kedua, pembaca akan mengenali ragam tataran pengkajian bahasa. Kita akan mempelajari fonologi, morfologi, leksikon, sintaksis, semantik, pragmatik, dan wacana. Tentu bagian “Menganalisis Bahasa” ini sangat berguna bagi mahasiswa sastra dan bahasa atau pegiat kebahasaan. 

Lalu, dalam bagian ketiga, yaitu “Menjelajahi Linguistik”, para penulis buku ini menjelaskan rumpun bahasa-bahasa di dunia dan Asia Pasifik. Pada bagian ini, pembaca juga dapat mengetahui asal-usul bahasa Indonesia. Pembahasan dilanjutkan dengan topik tokoh-tokoh linguistik internasional pada abad ke-20. Pandangan linguistik, mulai dari Ferdinand de Saussure hingga Noam Chomsky, dipaparkan di sini. Bagian “Menjelajahi Linguistik” lantas diakhiri dengan subbagian kajian linguistik, yakni terapan dan interdisipliner.

Dapat kita lihat sekilas bahwa Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik cocok menjadi pengantar bagi siapa pun yang hendak mendalami ilmu kebahasaan. Sewaktu saya berkuliah dulu, buku ini pun merupakan pegangan wajib untuk mahasiswa Prodi Indonesia, baik yang baru masuk maupun yang sudah mau lulus. Bahkan, saya yakin, buku ini masih bermanfaat bagi mereka yang ingin meraih gelar magister dalam payung bahasa.

Materi dalam Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik dikemas melalui penyusunan yang ensiklopedis dan bahasa yang mudah dimengerti. Meskipun begitu, selaras dengan judulnya, buku ini adalah bacaan pengantar. Hal itu telah ditegaskan oleh para editor pada bagian prakata bahwa “Bagi peminat linguistik dan/atau pemelajar awal linguistik, diperlukan ‘pintu masuk’ yang dapat memberikan panduan awal mengenai linguistik. Sesuai dengan judulnya, Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik ini disusun untuk membentangkan wawasan umum mengenai dunia linguistik.” Buku tersebut memang membawa dunia linguistik secara komprehensif bagi pembacanya, tetapi tidak begitu mendalam. Untungnya, setiap subbab memuat daftar pustaka yang dapat membantu kita dalam menentukan bacaan selanjutnya.

#resensibuku #pesonabahasa

Penulis: Yudhistira

Penyunting: Ivan Lanin