Laporan menyajikan informasi untuk tujuan dan audiens tertentu secara sistematis. Ada banyak cara untuk menyusun sistematika laporan bisnis yang efektif sesuai dengan jenis laporan itu. Salah satu sistematika laporan yang lazim digunakan ialah dengan membagi laporan menjadi tiga bagian, yaitu (1) bagian awal, (2) bagian isi, dan (3) bagian akhir.

Bagian Awal

Bagian awal laporan berisi informasi pendahuluan yang menjadi dasar pertimbangan pembaca untuk meneruskan membaca laporan. Beberapa subbagian pada bagian ini lebih mudah dibuat, bahkan bisa dibuat secara otomatis oleh aplikasi pengolah kata, ketika teks laporan sudah lengkap. Empat kelompok subbagian di bagian ini adalah (a) sampul dan halaman judul, (b) pengantar dan prakata, (c) daftar isi dan ilustrasi, serta (d) ringkasan eksekutif.

Sampul dan halaman judul umumnya mengandung tiga bagian, yaitu judul, nama penulis (individu atau organisasi), dan tanggal penerbitan laporan. Desain halaman judul umumnya lebih sederhana daripada sampul. Kata pengantar ditulis oleh pihak selain penulis laporan, sedangkan prakata dibuat oleh penulis laporan. Kedua bagian yang memberikan pengantar kepada laporan itu bersifat opsional. Ringkasan eksekutif, atau dapat dinamai sinopsis atau abstrak, memberikan tinjauan singkat tentang isi laporan kepada pembaca.

Bagian Isi

Bagian isi laporan berisi teks inti laporan yang umumnya dibagi menjadi tiga subbagian, yaitu (a) pendahuluan, (b) pembahasan, dan (c) penutup. Pendahuluan menyiapkan pembaca untuk mengikuti dan memahami pembahasan yang menyusulnya dan dapat berisi latar belakang, tujuan, dan sistematika laporan. Pembahasan mengandung informasi yang mendukung simpulan dan rekomendasi laporan serta analisis, logika, dan interpretasi informasi tersebut. Penutup menyimpulkan gagasan utama, menyoroti simpulan atau rekomendasi (jika ada), serta mendaftarkan tindak lanjut yang diharapkan.

Bagian Akhir

Bagian akhir laporan berisi informasi tambahan bagi pembaca yang memerlukan detail lebih lanjut yang beberapa di antaranya dapat dibuat secara otomatis oleh aplikasi pengolah kata. Bagian ini umumnya terdiri atas (a) lampiran, (b) bibliografi, (c) glosarium, dan (d) indeks. Lampiran mengandung bahan yang berhubungan dengan laporan, tetapi terlalu panjang atau tidak relevan untuk semua pembaca. Bibliografi atau daftar pustaka memenuhi etika untuk menghargai sumber laporan dan membantu pembaca yang ingin mempelajari lebih lanjut. Glosarium memberikan daftar istilah, singkatan, atau padanan sebagai rujukan pembaca. Indeks memberikan daftar kata penting pada laporan dan halaman tempat kata itu ditemukan.