Pada Rabu, 31 Januari 2023, pukul 19.00–21.00 WIB, Nyalanesia mengundang Narabahasa untuk menjadi narasumber dalam upacara penutupan Sosialisator Program Literasi (SPL) Nasional V yang telah dilaksanakan sepanjang 2023. Ivan Lanin menjadi pembicara untuk Sesi Motivasi Menulis: Merutinkan Aktivitas Menulis, Mengabadikan Pengalaman Sehari-hari. 

Nyalanesia sendiri adalah perusahaan rintisan (startup) pengembang program literasi sekolah terpadu yang memfasilitasi siswa, guru, dan sekolah untuk menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, serta menyediakan akses ke program-program apresiasi.

Acara tersebut dihadiri oleh anggota SPL angkatan V dari seluruh Indonesia yang menuliskan dan membagikan pengalaman mereka sebagai bahan renungan, baik bagi masyarakat maupun SPL angkatan berikutnya. Sesi berjalan dengan lancar bersama Mbak Ririn Setyowati, moderator Nyalanesia yang malam itu mendampingi Uda Ivan dalam pemaparan tentang kebiasaannya menulis untuk diunggah ke Medium setiap hari. Materi Uda Ivan disambut dengan pertanyaan antusias dari beberapa SPL Nasional.

Menutup kegiatan tersebut, Uda Ivan mendorong Nyalanesia dan para anggota SPL Nasional untuk tidak lelah dalam berbagi pengalaman mereka melalui tulisan yang dapat menginspirasi banyak orang.

Penulis: Maria Chivera

Penyunting: Rifka Az-zahra