Kinara (Kicauan Narabahasa) pekan keempat di X Space pada 28 Januari 2024 mengundang seorang penyair, jurnalis, dan penulis ternama asal Kalimantan Timur, Hasan Aspahani atau biasa dipanggil Bang Hasan. Bang Hasan memulai karier sebagai jurnalis di Kaltim Post, lalu melebarkan sayap sebagai penulis buku Pena Sudah Diangkat, Kertas Sudah Mengering (2016) yang mendapat penghargaan “Buku Puisi Terbaik” Anugerah Hari Puisi Indonesia 2016. Selain itu, ia juga menulis biografi Chairil Anwar berjudul Chairil (2016) dan dianugerahi penghargaan “Esai/Kritik Sastra” dari Badan Bahasa. Kinara kali ini juga ditemani oleh Ivan Lanin sebagai pemantik perbincangan dan Nur Viona sebagai moderator.

Bang Hasan bercerita tentang kebiasaan menulis yang ia mulai sepekan sekali yang terinspirasi dari Ivan Lanin, serta tantangan yang kerap muncul dalam menjalankan komitmen tersebut. Gairah menulisnya dimulai dari hobi membaca sejak kecil. Bagi dirinya saat kecil, membaca adalah pelarian, sebab penyakit asma yang diidapnya membuatnya tak mampu mengikuti permainan fisik bersama anak-anak lain.

Chairil adalah karya yang ditulisnya dengan proses yang panjang. Ide pembuatan buku itu berasal dari percakapan Bang Hasan dengan Salman Aristo–seorang sutradara, produser, dan penulis skenario film. Chairil itu sendiri sebenarnya ditulis sebagai riset awal pembuatan film untuk Salman Aristo. Setelah 11 bulan meneliti, menulis, dan membaca kurang lebih 40 buku, Chairil diterbitkan pada 2016.

Melalui Kinara, Bang Hasan juga mengangkat istilah “nonfiksi kreatif”. Nonfiksi kreatif adalah karya nonfiksi yang menggunakan pendekatan penulisan kreatif. Teknik ini memadukan kelincahan novel, meminjam keindahan bahasa puisi, dan memakai disiplin faktual seperti menulis berita. Ketiga hal ini dipadukan menjadi sebuah karya apik dan menembus batas kekakuan karya biografi.

Kinara episode ke-32, “Bagaimana Saya Menulis: Hasan Aspahani” masih bisa didengarkan di X milik Narabahasa yang dapat diakses secara gratis.

 

Penulis: Maria Chivera

Penyunting: Rifka Az-zahra