Karmina alias Kelas Daring Mini Narabahasa dijalankan perdana pada Rabu, 1 November 2023 lalu. Serupa namanya, kelas ini diadakan secara daring melalui Discord dan berlangsung singkat dari pukul 19.00 sampai dengan 20.00 WIB. Dengan memanfaatkan fitur siaran langsung, kelas gratis yang digelar di kanal Komunitas Kerabat Nara itu diramaikan oleh 25 anggota. Ivan Lanin sebagai widyaiswara memaparkan materi bertajuk “Membedah Struktur Teks Berita”.

Direktur Narabahasa tersebut mengawali materi dengan bahasan produk jurnalistik yang salah satunya adalah berita langsung. Struktur teks berita menjadi sorotan dalam kelas berdurasi satu jam ini. Ivan menyampaikan tentang struktur teks berita yang dibagi menjadi tiga, yaitu teras (lead), tubuh (body), dan ekor (tail).

Tiap-tiap bagian itu memiliki karakteristiknya sendiri. Teras berisi informasi paling penting dan asdikamba (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana), tubuh mengandung detail, latar, atau kisah, dan ekor memuat penegasan dan kesimpulan berita.

Pada sesi tanya jawab, salah satu peserta bertanya mengenai tip dalam penulisan isi berita. Peserta lainnya menanyakan perihal pembuatan judul berita.

Sebelum kegiatan ditutup oleh moderator, beberapa peserta menyampaikan usulan mengenai topik Karmina berikutnya. Penulisan artikel, cerita pendek (cerpen), berita khas (feature), dan resensi buku menjadi beberapa usulan yang muncul di ruang obrolan.

 

Penulis: Nabila Azhari

Penyunting: Rifka Az-zahra