Narabahasa kembali mengadakan Kelas Daring Publik (KDP) Penulisan Artikel dan Esai pada Rabu, 9 Agustus 2023. Hal itu dilatarbelakangi oleh permintaan penulisan artikel dan esai pada berbagai media, khususnya media daring, yang terus meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi. Untuk menjadi penulis artikel dan esai yang terampil, tentunya diperlukan pengenalan lebih dalam mengenai dunia penulisan artikel dan esai.

Innezdhe Ayang sebagai widyaiswara kelas kali ini berbagi tentang karakteristik, penyusunan, dan laras bahasa artikel dan esai. Selain itu, Innez juga berbagi ilmu penulisan artikel dan esai dari mata editor media. Dihadiri oleh 14 peserta dari berbagai bidang pekerjaan, sesi diskusi berjalan dengan interaktif melalui Zoom Meeting. Rizki Maha Putra, salah satu peserta bertanya tentang bagaimana cara memulai menulis artikel dan esai dengan sedikit pengalaman menulis berita sebelumnya.

“Pertama, cari hal baru dari sebuah data. Kemudian, dalami variabel pokok dan aspek yang penting dari data yang kita dapat. Menarik atau tidaknya sebuah berita itu tergantung selera pembaca, tetapi ketika kita menulis sesuatu yang penting di media massa, pembaca akan langsung mengerubunginya,” jawab Innez. Selain itu, sangat penting bagi penulis untuk menyunting tulisan yang sudah dibuat, karena tulisan yang minim kesalahan pasti akan memiliki nilai yang lebih dari tulisan yang belum disunting sama sekali.

 

Penulis: Nabila Ramadhina Masha

Penyunting: Rifka Az-zahra