Narabahasa kembali menggelar pelatihan griyaan daring untuk PT Asuransi Allianz Life Indonesia pada 16, 17, dan 23 November 2021, melalui ruang Zoom. Kegiatan dengan tajuk “Pelatihan Keterampilan Bahasa untuk Komunikasi Bisnis” itu digelar untuk para pegawai Allianz yang terdaftar pada gelombang ketiga. Ivan Lanin, Direktur Utama Narabahasa, menjadi pembicara dalam pelatihan itu.

Pada hari pertama, topik utama yang dibahas ialah keterampilan bahasa. Pembahasan itu menjadi materi dasar sebelum berlanjut membahas komunikasi bisnis. Ivan menjelaskan konteks, kaidah, laras, dan tataran bahasa. Setelahnya, ia membahas komunikasi bisnis yang meliputi penulisan surat, penyusunan laporan, penyajian presentasi, dan penyelenggaraan rapat.

Keesokan harinya, pelatihan berlanjut dengan fokus membahas penulisan bisnis. Sebelum memasuki materi utama, Ivan terlebih dahulu menyorot balik agenda hari pertama. Setelah itu, ia membagi paparannya menjadi dua, yakni penulisan surat dan laporan. Pada kesempatan itu, Ivan membahas fungsi, kriteria, penggolongan, jenis, format, serta struktur dalam surat dan laporan. Agenda hari kedua berakhir dengan pemberian tugas.

Pada hari terakhir, acara diawali dengan kuis menebak kata baku. Cornellius Yudha Wijaya, pegawai Data Management Department, berhasil memenangkan kuis itu dan mendapatkan buku Recehan Bahasa karya Ivan Lanin. Usai bermain kuis, Ivan terlebih dahulu mengulas balik materi hari pertama dan kedua. Ia kemudian mengevaluasi seluruh tugas peserta.

***

Penulis: Rassya Priyandira
Penyunting: Harrits Rizqi