Narabahasa menyelenggarakan pelatihan griyaan daring untuk Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Pusbindiklatren Bappenas) pada 27 Oktober—17 November 2021 melalui ruang Zoom. Pelatihan bertajuk “Peningkatan Kompetensi Kreatif, Jurnalistik, dan Komunikasi Kedinasan” itu dibagi menjadi tujuh sesi.

Sesi pertama dilaksanakan pada 27 Oktober 2021 dengan membahas penulisan konten di media sosial. Bersama Ivan Lanin (Direktur Utama Narabahasa), para peserta belajar karakteristik, pengelolaan, dan laras bahasa media sosial. Selain itu, Ivan juga menyelisik media sosial Bappenas sebagai bahan studi kasus.

Pada sesi kedua, 4 November 2021, peserta menerima penjelasan materi pembuatan infografik dari Adieb Haryadi. Direktur Informasi Awrago itu menjelaskan karakteristik konten visual, standar pembuatan infografik, dan kiat memunculkan rasa dalam infografik. Pada akhir sesi, Adieb membedah infografik yang pernah dirilis Bappenas.

Esoknya, pelatihan dilanjutkan dengan pembahasan tentang penulisan berita dan siaran pers. Pada pelatihan laras jurnalistik itu, Ivan menjelaskan karakteristik jurnalistik, penyusunan berita dan siaran pers, serta laras bahasa jurnalistik. Ia kemudian meninjau beberapa produk berita dan siaran pers Bappenas pada akhir sesi.

Pada sesi keempat, tepatnya pada 10 November 2021, pelatihan berlanjut pada pembahasan komunikasi kedinasan. Sesi ini berfokus pada karakteristik dan penyusunan naskah dinas serta laras bahasa bisnis. Ivan menutup sesi keempat dengan melakukan studi kasus terhadap naskah dinas Bappenas.

Keesokan harinya, mereka membahas gramatika. Pada sesi kelima itu, para peserta diberikan pengetahuan tentang wacana, paragraf, kalimat, dan kata. Keempat jenis gramatika itu dibahas tuntas oleh Ivan Lanin.

Pada 16 November 2021, sesi keenam dimulai dengan pembahasan tentang ejaan. Penulisan huruf dan kata, tanda baca, serta kasus khusus adalah materi yang disampaikan oleh Ivan.

Rangkaian pelatihan griyaan ini pun ditutup pada 17 November 2021. Dalam sesi terakhir ini, Ivan membedah gramatika dan ejaan pada produk laras kreatif, jurnalistik, dan kedinasan milik Pusbindiklatren Bappenas. Seusai itu, ia memberikan ringkasan pelatihan yang telah dilaksanakan selama tujuh sesi itu.

***

Penulis: Rassya Priyandira
Penyunting: Harrits Rizqi