Selama kurang lebih tiga tahun Narabahasa menggelar rutin kelas-kelas penulisan ilmiah–Kelas Penulisan Tesis dan Disertasi atau Kelas Artikel Ilmiah Populer, misalnya–kebanyakan peserta menginginkan materi yang lebih spesifik. Hal ini selaras dengan diluncurkannya Kelas Daring Lanjutan (KDL) Narabahasa yang dimaksudkan untuk membantu peserta mempelajari salah satu elemen laras bahasa secara lebih spesifik.

Setelah sebelumnya KDL Penyuntingan Fiksi berhasil dilaksanakan, pada 2 Maret 2023 KDL Tip Menembus Jurnal Terindeks Scopus akhirnya terselenggara. Diampu oleh Nazarudin, kelas ini menarik minat para akademisi atau orang-orang yang memfokuskan diri pada pendidikan akademis. 

Kata “Scopus” menjadi sorotan pada kelas Narabahasa ini, khususnya bagi mereka yang bukan akademisi. Mungkin, kebanyakan calon peserta perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai Scopus dan selingkupnya. Tak perlu khawatir, Nazarudin yang merupakan seorang dosen sekaligus penulis jurnal ini memaparkan secara perinci hakikat Scopus dan jenis publikasinya.

Dalam kelas ini, Nazarudin menjelaskan secara tegas mengenai penentuan strategi dalam menulis. Beberapa alasan ditolaknya jurnal penelitian pada indeks Scopus juga disebutkan dalam kelas tersebut. Dari materi yang dibawakan Nazarudin, kelas ini sangat ramah dan dianjurkan, baik bagi peserta awam yang berminat untuk menulis secara sistematis dan ilmiah maupun penulis jurnal yang ingin menembus Scopus.

 

Penulis: Thesa Nurmanarina

Penyunting: Dwi Aprilia Kumala Dewi