Pada 17 November 2023, Kegiatan Kelas Daring Praktis Narabahasa dengan topik “Penulisan Berita dan Siaran Pers” telah berhasil diselenggarakan dari pukul 19.00 sampai 21.00 WIB. Asep Wijaya sebagai widyaiswara memandu kegiatan yang dihadiri oleh 4 peserta ini. Asep memulai kelas dengan bertanya kepada peserta mengenai alasan mereka mengikuti kelas ini. Para peserta memberikan beragam alasan, mulai dari pekerjaan yang membutuhkan keterampilan membuat berita pers hingga keinginan untuk memperdalam pengetahuan di bidang jurnalistik.

Sesi pemaparan materi dimulai dengan penjelasan mengenai berbagai jenis produk jurnalistik. Selanjutnya, Asep menjelaskan tahapan-tahapan dalam penyusunan berita dan siaran pers, yang meliputi perencanaan, peliputan, penulisan, dan penyuntingan. Materi terakhir yang disampaikan adalah tentang laras bahasa jurnalistik.

Kelas berlangsung dengan sangat interaktif. Setiap peserta aktif berpartisipasi, bahkan beberapa di antaranya mengajukan lebih dari satu pertanyaan. Terakhir, Asep juga menyoroti betapa pentingnya proses pencarian bahan dalam penulisan berita. “Aktualnya, menulis berita terkadang terlihat mudah, tetapi sebenarnya yang sulit adalah mencari bahan. Proses pencarian bahan ini memakan waktu yang cukup besar, sekitar 75% dari keseluruhan proses, sedangkan proses penulisan hanya sekitar 25%,” ungkap Asep.

 

Penulis: Syakira Wardatul Aisyi

Penyunting: Rifka Az-zahra