Narabahasa kembali membersamai para pejuang laras kreatif melalui Kelas Daring Praktis (KDP) dengan tajuk “Kiat Menyusun Infografik” pada Senin, 18 Oktober 2021, melalui ruang Zoom. Adapun yang bertugas menjadi widyaiswara pada kelas tersebut adalah Adieb Haryadi, Direktur Informasi Awrago.

Kelas ini terbagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama, Adieb membahas jenis infografik. Ia kemudian melanjutkan dengan pemaparan materi seputar elemen infografik. Pada bagian akhir, Adieb menjelaskan kiat-kiat pembuatan infografik.

Pada awal kelas, Adieb menyampaikan bahwa infografik bukanlah hal remeh. Penggunaan infografik sebagai suatu konten di media dinilai lebih kaya informasi dan lebih tepat guna dibanding konten visual lainnya. Di samping itu, tren penggunaan infografik pun makin tahun makin meningkat.

Ia kemudian menerangkan jenis-jenis infografik yang dibagi menjadi lima dasar, yaitu bentuk, media publikasi, data, fungsi, dan kompleksitas.

“Pengetahuan akan jenis infografik ini sangat penting karena dapat memudahkan kita dalam membuat infografik yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, ini juga dapat meminimalisasi terjadinya ide-ide yang bercabang dalam infografik,” kata Adieb.

Sebelum beranjak ke sesi kedua, para peserta diajak untuk mengisi jajak pendapat. Hasilnya menunjukkan bahwa mayoritas peserta memilih infografik sebagai konten yang paling disuka.

Pada sesi selanjutnya, Adieb menjelaskan beberapa elemen dalam infografik. Elemen itu meliputi konsep, data dan visualisasi, naskah, tata letak, serta desain. Menurutnya, penyajian data adalah kunci agar infografik menjadi menarik dan mudah dipahami sehingga pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Tak hanya mendapatkan penjelasan materi, peserta juga menyelisik beberapa bahan studi kasus yang diberikan oleh Adieb. Adapun salah satu bahannya adalah infografik “Waspada Vampir Listrik” yang dirilis Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Pembahasan dilanjutkan dengan tip agar infografik menjadi makin menarik. Adieb mengatakan bahwa penggunaan ikon atau ilustrasi yang sederhana, pengeksploitasian angka, dan pengeksplorasian ukuran konten teks adalah tiga cara mudah untuk mewujudkannya.

Setelah sesi ketiga berakhir, para peserta mendapat kesempatan bertanya untuk memperdalam penguasaan penyusunan infografik.

***

Penulis: Rassya Priyandira
Penyunting: Harrits Rizqi