Tabik.

Hal yang ditemukan sehari-hari kerap membuat kita gelisah atau penasaran. Temuan itu dapat muncul dari amatan, obrolan, atau bacaan. Saat mengamati tomat, misalnya, kita penasaran: tomat itu buah atau sayur? Ketika mengobrolkan teman-teman lama, kita ingin tahu apa yang menyebabkan perubahan sikap mereka. Setelah membaca sebuah makalah, kita ingin membuktikan apakah kesimpulan yang ditarik benar atau tidak.

Baiklah, yang terakhir itu mungkin terlalu berlalu berat dan tidak dilakukan tiap saat.

Kegelisahan merupakan modal utama penulis. Dari kegelisahan terhadap kategori tomat, misalnya, kita dapat mencari rujukan dari internet dan menulis artikel dengan menyarikan hasil bacaan kita. Dari menggosipkan, eh, membicarakan beberapa teman lama, kita dapat membuat esai yang memberikan penyebab perubahan sikap orang seiring dengan berjalannya waktu.

Artikel dan esai termasuk tulisan yang paling mudah dibuat. Sebuah kegelisahan dapat diwujudkan menjadi kedua jenis tulisan itu. Perbedaan inti di antara keduanya ialah bahwa artikel bersifat objektif, sedangkan esai subjektif. Artikel menguraikan informasi, sedangkan esai menjabarkan pendapat. Artikel informatif, sedangkan esai persuasif.

Tulisan berbentuk artikel atau esai dapat kita muat di media sosial (misalnya Facebook atau LinkedIn), di blog pribadi, di situs web organisasi, atau di media massa. Media massa biasanya menyediakan honor tertentu bagi penulis untuk tiap tulisan yang dimuat. Menulis dapat menjadi sumber penghasilan, selain sebagai sarana penyaluran kegelisahan.

Namun, untuk dapat membuat artikel atau esai yang baik, tentunya kita perlu mengetahui karakteristik, penyusunan, dan struktur kedua tulisan itu, termasuk perbedaan di antara keduanya. Salah satu sumber ideal untuk mendapatkan pengetahuan tersebut ialah dari editor media massa yang setiap hari menyeleksi artikel dan esai yang masuk.

Untuk itulah, Narabahasa menghadirkan Innezdhe Ayang, editor salah satu media massa terkemuka, sebagai pengajar kelas Penulisan Artikel dan Esai. Kelas itu akan diadakan pada Jumat malam, 24 November 2023, 19.00–21.00 WIB. Mbak Innez akan memaparkan rahasia penulisan artikel dan esai, mulai dari penggagasan hingga penyuntingan, agar melahirkan tulisan yang bermutu tinggi, sesuai dengan standar media massa.

Manfaatkan waktu luang Kerabat Nara untuk menimba ilmu penulisan dari Mbak Innez. Lihat info lebih lengkap di sini: https://s.narabahasa.id/KDP-23041.