Tabik.

Kerabat Nara, penulisan berita dan siaran pers menuntut kemampuan mengomunikasikan informasi dengan jelas dan efektif. Dalam menyusun berita, fakta-fakta kunci harus dirangkai dengan cara yang mudah dimengerti oleh pembaca. Siaran pers, di sisi lain, adalah alat yang digunakan oleh organisasi atau individu untuk menginformasikan pernyataan resmi kepada publik. Siaran pers kerap kali dijadikan pelengkap dalam konferensi pers.

Baik berita maupun siaran pers harus memiliki judul yang menarik, menjawab pertanyaan dengan asdikamba (apa, siapa, di mana, kapan, bagaimana), dan berstruktur piramida terbalik—menempatkan informasi terpenting di awal. Kedua jenis produk jurnalistik ini harus mengikuti kode etik jurnalistik yang ketat.

Namun, hal yang tak kalah penting adalah keterampilan berbahasa yang baik. Keterampilan berbahasa yang baik memungkinkan jurnalis untuk merangkai paragraf yang mengalir. Selain itu, struktur kalimat yang baik membantu pembaca untuk memahami informasi dengan mudah. Keterampilan dalam memilih kata-kata yang tepat juga membantu menciptakan nuansa yang sesuai dengan konteks berita dan memastikan bahwa pesan yang disampaikan tidak disalahpahami.

Dengan begitu, dalam penulisan berita dan siaran pers, kemampuan mengomunikasikan informasi dengan jelas, akurat, dan efektif harus didukung dengan keterampilan berbahasa yang memadai. Berita dan siaran pers yang ditulis dengan penguasaan bahasa yang baik dapat menjaga kepercayaan publik dan memastikan bahwa pesan-pesan penting sampai ke khalayak. Tanpa kemampuan tersebut, pesan yang ingin disampaikan dapat kehilangan daya tarik dan kejelasannya.

Kerabat Nara, kelas daring Penulisan Berita dan Siaran Pers dari Narabahasa akan mengulas hal-hal di atas dengan lengkap. Kelas tersebut akan diadakan pada 17 November 2023 pada pukul 19.00—21.00 WIB. Diampu oleh Asep Wijaya, jurnalis dan penulis yang sudah 10 tahun berkecimpung di dunia jurnalistik, media, dan komunikasi, Kerabat Nara yang memiliki kesulitan dalam menghadapi tantangan-tantangan penulisan berita dan siaran pers dapat berdiskusi dan bertanya di kelas ini. Segera daftarkan diri di sini, ya!

Sampai jumpa di kelas!