Tabik.

Kerabat Nara, jika membicarakan hal yang mendasar dan krusial di dunia kerja, Nara berpendapat bahwa keterampilan berbahasa adalah hal yang sangat penting. Kenapa? Karena dengan terampil berbahasa, kita dapat menyampaikan gagasan dengan tepat kepada mitra tutur di lingkungan kerja.

Di dunia kerja, keterampilan berbahasa baik lisan maupun tulisan menjadi “alat” untuk melanggengkan jalannya hubungan bisnis. Dalam ragam bahasa tulis, sebuah naskah bisnis yang baik bukan hanya mencerminkan profesionalisme, melainkan juga membuka pintu komunikasi efektif di lingkungan kerja.

Setiap jenis naskah bisnis, mulai dari surat hingga laporan resmi, memiliki kekhasan dan aturan tersendiri. Oleh karena itu, menguasai berbagai jenis naskah bisnis adalah langkah awal untuk menjadi penulis yang efektif di lingkungan kerja.

Bukan hanya untuk menyampaikan gagasan dengan efektif, menguasai keterampilan berbahasa dengan memperhatikan detail tata bahasa dan ejaan juga dapat meningkatkan citra positif. Kesalahan tata bahasa dan ejaan bukan hanya masalah kecil karena bisa berdampak besar terhadap kredibilitas dokumen dari sebuah perusahaan atau organisasi. 

Mengasah keterampilan penulisan naskah dinas bukanlah usaha yang bisa diselesaikan dalam semalam. Diperlukan latihan dan umpan balik terus-menerus. Diskusi dengan rekan kerja atau mengikuti pelatihan penulisan adalah langkah-langkah produktif untuk meningkatkan kemampuan.

Nara menyadari pentingnya keterampilan penulisan naskah dinas untuk mendukung profesionalitas dalam dunia kerja. Oleh karena itu, Nara akan kembali menyelenggarakan Kelas Daring Publik Penulisan Surat dan Laporan pada Selasa, 28 November 2023. Di kelas ini, akan dipaparkan materi penulisan naskah bisnis, khususnya surat dan laporan mulai dari karakteristik, penulisan, dan penerapan gramatika dan ejaan yang baik benar. 

Selain terus berlatih dan berdiskusi, semoga dengan mengikuti kelas ini, Kerabat Nara dapat makin piawai dalam menulis naskah bisnis agar terbentuk citra yang positif pada lingkungan kerja.