Narabahasa menyelenggarakan pelatihan “Keterampilan Menulis Efektif” untuk Otoritas Jasa Keuangan pada 2—3 November 2021, melalui ruang Zoom. Ivan Lanin, Direktur Utama Narabahasa, bertugas sebagai pembicara dalam pelatihan itu.

Pada hari pertama, Ivan menjelaskan penataan wacana, pengembangan paragraf, perangkaian kalimat, dan pemilihan kata. Sebelum secara spesifik membahasnya, ia terlebih dahulu menerangkan empat keterampilan bahasa (menyimak, membaca, berbicara, dan menulis) serta konteks dan kaidah bahasa. Menurutnya, konteks bahasa yang baik harus memperhatikan situasi, sarana, mitra, tempat, dan bidang. Sementara itu, tentang kaidah bahasa, Ivan menjelaskan beberapa bahan bacaan, seperti Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia, Pedoman Umum Pembentukan Istilah, dan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Selain itu, Ivan juga memaparkan enam laras bahasa, yakni sastra, kreatif, jurnalistik, bisnis, ilmiah, dan hukum.

“Namun, dari keenam laras bahasa tersebut, hal mendasar yang perlu dipelajari adalah lima tataran kaidah bahasa, yaitu wacana, paragraf, kalimat, kata, dan ejaan,” ungkap Ivan.

Hari kedua dibuka dengan permainan berupa kuis. Pemenangnya diberi hadiah berupa buku Recehan Bahasa karya Ivan Lanin. Dalam kesempatan tersebut, Jonathan Evert Rayon keluar sebagai pemenang.

Usai kuis, Ivan sedikit mengulas materi pada hari pertama. Ia kemudian melanjutkan pemaparannya tentang ejaan. Ada tiga subbagian yang dibahas pada materi itu, yakni huruf dan kata, tanda baca, serta penulisan khusus.

Sebelum menutup pelatihan daring ini, Ivan mengevaluasi hasil tugas para peserta. Tugas diberikan pada akhir hari pertama.

***

Penulis: Rassya Priyandira
Penyunting: Harrits Rizqi