Dalam rangka merayakan Bulan Bahasa 2021, Narabahasa menghadirkan sebuah acara bertajuk Festival Tetralogi pada 9—30 Oktober 2021.

Selain menyemarakkan Bulan Bahasa 2021, kegiatan yang digelar secara daring tersebut bertujuan untuk mengembangkan empat keterampilan bahasa yang penting untuk dikuasai oleh tiap orang. Empat keterampilan itu ialah menyimak, membaca, berbicara, dan menulis. Keempatnya terwujud melalui kata tetralogi yang berarti ‘empat hal yang saling bertaut dan bergantung’.

Ada empat subfestival yang dapat diikuti dalam Festival Tetralogi, yaitu Festival Menyimak (9 Oktober 2021), Festival Membaca (16 Oktober 2021), Festival Berbicara (23 Oktober 2021), dan Festival Menulis (30 Oktober 2021).

Dessy Irawan (Manajer Produk, Digital, dan Humas Narabahasa) mengungkapkan, Festival Tetralogi merupakan langkah Narabahasa untuk menggaungkan salah satu misinya.

“Tujuannya untuk menggaungkan salah satu misi Narabahasa, yakni mengembangkan keterampilan bahasa bangsa Indonesia. Kami berharap misi tersebut bisa secara implisit dirasakan melalui Festival Tetralogi,” ujar Dessy.

Lebih lanjut, ia berharap makin banyak orang yang paham bahwa keempat keterampilan bahasa itu perlu untuk dimiliki.

“Seperti tajuk acaranya, kami juga berharap Kerabat Nara sepaham dengan kami bahwa ada empat keterampilan bahasa yang perlu dimiliki manusia untuk mengembangkan kualitas diri. Keempatnya itu saling bertaut, tidak bisa hanya dipilih salah satu,” tambahnya.

Seluruh rangkaian acara Festival Tetralogi dapat diikuti secara gratis dengan mendaftar melalui laman sinara.narabahasa.id atau aplikasi Sinara.

***

Penulis: Rassya Priyandira
Penyunting: Harrits Rizqi