Kinara (Kicauan Narabahasa) pekan ini mengundang seorang penulis novel yang karyanya banyak dibaca di Wattpad, dhikaRey atau biasa dipanggil Karey. Kegiatan Karey akhir-akhir ini cukup padat karena ia sedang fokus untuk menerbitkan sekuel dari novel yang sebelumnya ia tulis di Wattpad. Percakapan moderator Narabahasa bersama Karey mengalir natural dan menyenangkan sambil mengulik motivasi Karey untuk mulai menulis. Baginya, menulis adalah sebuah passion yang bertumbuh tanpa dipaksakan sehingga menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Bahkan, ia dapat menulis di tempat yang ramai dan tidak kondusif. 

Karey juga menceritakan awal mula hobi menulisnya kepada Kerabat Nara. Membaca menjadi langkah awal dalam mengembangkan bakat. Sejak kecil, ia sudah sering menjelajahi berbagai jenis buku bacaan yang dibelikan ibunya. Dari situ, ia belajar untuk terus mengembangkan imajinasi dan menuangkannya menjadi sebuah cerita.

Dalam proses menulisnya, Karey berujar bahwa ia mempunyai strategi dasar untuk menyelesaikan semua tulisan. Ia selalu menuliskan seluruh ide yang ia punya terlebih dahulu walaupun berbeda-beda dan acak. Setelah cukup, ia menyaring ide yang dirasa paling baik dan menarik, lalu mengolahnya menjadi sebuah kerangka besar. Tidak sampai situ saja. Sebelum menulis pun, Karey sudah menyelesaikan alur umum cerita dari awal sampai akhir. Berkat itu, Karey jarang menemukan plot hole dalam tulisannya.

Namun, Karey juga pernah merasakan writer’s block, yaitu momen ketika penulis mengalami kebuntuan. Hal ini lumayan sering terjadi, tetapi Karey akan membuka kembali tujuan dan target yang sudah ia buat sebelum mulai menulis untuk mengingatkan diri. Target dan tujuan tersebut membuatnya kembali termotivasi untuk melanjutkan tulisan.

Dengan hobinya, Karey juga memiliki kelas menulis yang dapat diakses masyarakat. Ia memulai kelasnya pada tahun 2021 melalui video on demand yang terdapat di kanal Youtube. Akan tetapi, Karey merasa medium tersebut membuatnya kurang berinteraksi dengan penonton. Maka dari itu, ia akhirnya membuat kelas yang lebih interaktif.

Sebagai pernyataan penutup Kinara malam itu, Karey meyakinkan Kerabat Nara bahwa langkah awal untuk menulis adalah “mulai saja dahulu.” Ia meyakinkan bahwa semua orang bisa menulis. Memang, ada banyak fasilitas yang membantu proses tersebut, tetapi apakah kita berani untuk memulai? Semua orang mungkin memiliki ide yang sama, tetapi siapa yang akhirnya berani terlebih dahulu untuk mewujudkan ide tersebut? Maka dari itu, Karey mendorong Kerabat Nara untuk percaya diri dalam menulis.

 

 

Penulis: Maria Chivera

Penyunting: Rifka Az-zahra