Narabahasa mengadakan Kelas Ngabuburit Narabahasa (KNN) pertama pada 2023 yang bertajuk Penulisan Naskah Hukum. KNN tersebut dilaksanakan melalui ruang Zoom secara virtual dan diikuti lebih dari 32 peserta pada Selasa, 4 April 2023, yang bertepatan dengan hari ke-13 Ramadan.

Materi yang disampaikan oleh Ivan Lanin selaku pengajar dibagi menjadi tiga: karakteristik, penyusunan, dan kaidah bahasa pada naskah hukum. Tidak ketinggalan, Ivan juga memberikan beberapa contoh naskah hukum, seperti undang-undang, perjanjian, akta, surat kuasa, surat pernyataan, dan surat keterangan.

“Sewaktu kita menulis—ini sebenarnya bukan hanya [saat] menulis dalam bahasa hukum; ini untuk menulis apa pun—kita akan memperhatikan lima satuan bahasa. Apa saja itu? Kelima satuan bahasa itu adalah wacana, paragraf, kalimat, kata, dan ejaan,” ungkap Ivan Lanin.

Kelas yang berlangsung pada pukul 15.30 s.d. 17.00 WIB ini diramaikan oleh para peserta yang tampak antusias. Ada sepuluh pertanyaan yang dijawab oleh Ivan Lanin. Dua di antaranya adalah pertanyaan tentang perbedaan kata wajib dan harus serta penggunaan huruf kapital pada naskah hukum.

 

Penulis: Nabila Azhari

Penyunting: Dwi Aprilia Kumala Dewi