Pada Senin, 24 April 2024, Narabahasa menghadiri undangan pelatihan menulis di Universitas Negeri Semarang (UNNES), lebih tepatnya di Gedung Rektorat, Ruang 405, UNNES. Narabahasa sukses melaksanakan pelatihan “Menulis Naskah Dinas Efektif” dengan Uda Ivan Lanin sebagai pengajar. Pelatihan diikuti oleh 50 orang yang terdiri atas para pegawai dalam lingkup universitas. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan peserta dalam menyusun naskah dinas menggunakan bahasa yang baik dan benar, memahami dengan baik penggunaan tata bahasa, serta memahami penggunaan ejaan dengan tertib. 

Pelatihan yang berjalan dari pukul 9.00 s.d. 16.00 WIB ini dibagi ke dalam empat sesi. Sesi pertama diawali dengan pengecekan terhadap tiga dokumen yang telah dikirimkan sebelumnya oleh para peserta pada formulir yang telah disediakan oleh Narabahasa. Lebih lanjut, pengajar membahas materi keterampilan berbahasa, laras bahasa, kaidah bahasa, dan rujukan bahasa. Setelahnya, pengajar membahas penulisan naskah dinas. 

Pada sesi ketiga, diberikan materi lanjutan mengenai substansi naskah dinas, seperti komunikasi bisnis, jenis surat, contoh surat, bagian surat, format surat, jenis laporan, contoh laporan, bagian laporan, dan format laporan. Tiap sesi pelatihan selalu dibuka dengan sesi tanya jawab dari peserta. Pada sesi selanjutnya, pengajar mulai membahas dan membedah dokumen yang sebelumnya telah peserta kirim. Pada sesi ini, peserta diberikan keleluasaan dalam memberikan pertanyaan dan tanggapan. Sesi terakhir ditutup dengan membahas materi gramatika dan ejaan, seperti satuan bahasa, penataan wacana, pengembangan paragraf, perangkaian kalimat, pemilihan kata, dan penertiban ejaan. 

Pelatihan ini dianggap berhasil sesuai tujuannya, yaitu meningkatkan pemahaman peserta mengenai keterampilan berbahasa, penulisan naskah dinas, dan kaidah bahasa. 

 

Penulis: Irwan Maulana

Penyunting: Rifka Az-zahra