Narabahasa mengadakan pelatihan griyaan daring untuk PT Asuransi Allianz Life Indonesia dengan tajuk “Pelatihan Keterampilan Bahasa untuk Komunikasi Bisnis” pada 12, 13, dan 19 Oktober 2021, melalui ruang Zoom. Pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi bisnis para pegawai Allianz. Sebanyak 25 pegawai hadir dalam pelatihan tersebut.

Pada hari pertama, para peserta belajar memahami bahasa komunikasi bisnis. Namun, sebelum membahas komunikasi bisnis secara spesifik, Ivan Lanin (Direktur Utama dan Widyaiswara Narabahasa), berfokus memaparkan materi keterampilan bahasa dan tataran bahasa. Setelah itu, ia melanjutkan pemaparannya perihal komunikasi bisnis yang meliputi penulisan surat, penyusunan laporan, penyajian presentasi, dan penyelenggaraan rapat.

“Ada empat jenis komunikasi bisnis yang dapat kita gunakan. Pertama ialah surat. Kemudian laporan, lalu presentasi, dan terakhir rapat. Rapat ini adalah bentuk komunikasi bisnis yang paling tinggi,” ucap Ivan Lanin.

Esoknya, Ivan sedikit mengulas balik materi hari pertama. Setelahnya, ia memberikan penjelasan mengenai penulisan bisnis yang terdiri atas penulisan surat dan laporan. Ia membagi pembahasannya menjadi tiga bagian, yaitu fungsi dan kriteria, penggolongan dan jenis, serta format dan struktur.

Sebelum memasuki hari terakhir, para peserta terlebih dahulu diberikan tugas sesuai dengan pekerjaan harian. Melalui penugasan itu, Ivan berharap para peserta dapat memperoleh hasil yang optimal dalam pelatihan ini.

Kemudian, mereka mengawali rangkaian hari ketiga dengan bermain kuis menebak kata baku. Setelahnya, Direktur Utama Narabahasa itu kembali mengulas materi pada hari pertama dan kedua untuk menyegarkan memori peserta. Usai mengulas balik, Ivan melanjutkan rangkaian acara dengan mengevaluasi satu per satu tugas yang telah dikumpulkan.

Meskipun mengikutinya secara daring, para peserta sangat aktif dalam pelatihan ini.

***

Penulis: Rassya Priyandira
Penyunting: Harrits Rizqi