Pada Jumat, 24 November 2023, pukul 19.00–21.00, Narabahasa menggelar pelatihan daring penulisan artikel dan esai yang menarik. Acara ini diadakan melalui ruang Zoom Narabahasa dan dibimbing oleh Innezdhe Ayang Marhaeni, beliau adalah seorang editor di Kompas Gramedia dan juga widyaiswara Narabahasa.

Salah satu poin menarik dari pelatihan ini adalah pembelajaran sistematika isi artikel dan esai. Peserta diajarkan tentang pentingnya judul yang menarik, pembangunan teras pembuka yang kuat, perangkaian ide yang logis, pembentukan tubuh tulisan yang informatif, dan penutup yang efektif.

Salah satu poin puncak adalah pesan Innezdhe Ayang Marhaeni untuk peserta yang sulit mencari tema tulisan. Mulailah menulis dari kegelisahan. Kegelisahan dianggap sebagai sumber tema yang kuat, memotivasi penulis untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan esensial seperti “apa”, “bagaimana”, dan “apa sebab”. Terakhir Innez menekanan pentingnya penyelesaian setiap tulisan karena tulisan yang baik adalah tulisan yang selesai

 

Penulis: Melanie Koernia

Penyunting: Ivan Lanin