Pada Senin, 5 Februari 2024, Alternatifa mengundang Ivan Lanin sebagai narasumber untuk menyemangati lebih dari 1.500 siswa SMA kelas XII yang akan menghadapi ujian keterampilan bahasa Indonesia untuk masuk perguruan tinggi. Sesi diadakan melalui kanal Discord milik Alternatifa selama kurang lebih 60 menit.

Sesi ini merupakan bagian dari program rutin Alternatifa. Selain mentor internal yang kebanyakan mahasiswa, Alternatifa juga mengundang narasumber eksternal yang dianggap inspiratif. Sebelum Ivan Lanin, nama-nama besar seperti Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika, dan Nadhira Afifa pernah menjadi bagian dari sesi ini. Uda Ivan memulai dengan menceritakan perjalanan kariernya dari seorang pemrogram komputer sampai menjadi guru bahasa Indonesia, serta bagaimana keterampilan berbahasa memberikan dampak besar dalam hidupnya.

Setelah pemaparan materi selesai, para peserta sangat antusias untuk bertanya kepada Uda Ivan. Kebanyakan pertanyaan berkisar pada kiat menghadapi ujian keterampilan berbahasa, baik formal untuk seleksi perguruan tinggi maupun nonformal untuk penggunaan bahasa sehari-hari.

Jika Kerabat Nara penasaran dengan keseruan sesi tersebut, rekaman pertemuan di ruang Discord dapat diakses melalui kanal Youtube Alternatifa berjudul “Mentoring Ivan Lanin (Narabahasa)” yang disiarkan pada malam yang sama.