Pada 21 November 2023, Kelas Daring Publik (KDP) bertopik “Data Storytelling (Penceritaan Data)” sukses digelar mulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIB. Asep Wijaya, sebagai pengajar utama, memulai sesi dengan berbagi pengalaman pribadinya dalam seni penceritaan data di ranah jurnalistik.

Dalam rangkaian pemaparan materi, Asep secara terperinci menjelaskan karakteristik yang mendasari penceritaan data, komponen-komponen krusial yang harus diperhatikan dalam proses menceritakan data, serta sesi penutup yang memuat studi kasus dengan menggunakan contoh tulisan yang telah diproduksi oleh Asep, disertai beberapa ilustrasi infografik dan statistik data. Asep menyoroti persepsi umum yang menyatakan bahwa data sering kali dianggap kaku dan membebani sehingga banyak yang enggan memahami.

Dalam konteks ini, Asep dengan tegas menyampaikan, “Untuk mengubah kesan kaku data, kita perlu mengemasnya dengan memberikan contoh atau ilustrasi yang merangkum esensi dari angka-angka yang kita paparkan.” Hal ini diharapkan dapat mempermudah pemahaman dan menggugah minat pembaca dalam memahami informasi yang terkandung dalam data.

 

Penulis: Syakira Wardatul Aisyi

Penyunting: Rifka Az-zahra