Menjelang akhir tahun, pada kuartal (K-4) 2022, Narabahasa menggelar kembali Kelas Daring Praktis (KDP) bertajuk “Kiat Menulis Artikel Ilmiah Populer” pada Rabu, 30 November 2022. Innezdhe Ayang, selaku widyaiswara yang “ditempa” Narabahasa, bertugas mengampu kelas tersebut.

Permasalahan yang selalu terjadi ketika menulis artikel ilmiah populer ialah menulis dengan ragam formal. Innezdhe sebagai orang yang telah menempuh pendidikan formal Jurusan Sastra Indonesia menjelaskan bahwa artikel ilmiah populer tidak sama dengan artikel ilmiah murni. Walaupun artikel ilmiah populer berakar pada karya ilmiah, tulisan hasil riset tersebut dapat dituangkan dengan kaidah penulisan yang ditujukan pada pembaca umum. 

Karya ilmiah memang dapat dibedakan menjadi dua, yakni ilmiah populer dan ilmiah murni. Keduanya memiliki perbedaan. Tidak menggunakan bahasa akademik yang kaku dan istilah-istilah akademis selayaknya artikel ilmiah murni, artikel ilmiah populer menggunakan bahasa yang lebih santai dan berterima.

Penulis : Thesa Nurmanarina
Penyunting : Dwi Aprilia