Indra Cahya, seorang komika sekaligus editor senior di Comikamedia, menjadi narasumber Basa-basi Bahasa pada Jumat, 19 Mei 2023. Mewakili Comikamedia, dirinya menegaskan keterlibatan Comikamedia pada dunia komedi. Tidak spesifik seperti namanya “Comika” yang merujuk pada istilah pelawak tunggal, media ini menasbihkan diri pada genre humor yang lebih luas: industri hiburan komedi, sketsa, film, dan sebagainya.

Kepercayaan Comikamedia pada jenis hiburan menelurkan tulisan-tulisan yang juga menarik pada situs web dan media sosialnya. Pemberitaannya meliputi komedi secara personal hingga pembahasan topik-topik tertentu oleh para komedian, mulai dari gim sampai politik. 

Komedi, dengan pengemasan yang menarik, memang menjadi ajang berujar secara “ringan” meski tanpa bermaksud menghilangkan esensi yang dibicarakan. Dengan konsep tak kasat mata seperti itu, Comikamedia menegaskan bahwa apa yang mereka tuliskan adalah panggung komedi yang memiliki spektrum yang luas.

Pertunjukan-pertunjukan komedi di daerah, bukan hanya di kota-kota besar, dapat menjadi berita bagi Comikamedia. Meski kebanyakan peluang menulis dimiliki oleh bagian dari komunitas stand up comedy di berbagai daerah, peluang masyarakat umum (nonkomika) untuk menulis pada Comikamedia juga terbuka.

Meski belum ada pemadanan yang pasti untuk istilah-istilah komedi sehingga mereka hanya dapat mencetak miring istilah asing, Comikamedia tetap menjaga keluaran artikel mereka sebagai tulisan-tulisan yang bebas dari saltik. Usaha keras ini dapat dilihat secara langsung pada artikel-artikel mereka yang nyaris nol saltik pada level kata.

Sebagai bagian dari perusahaan Comika, Comikamedia juga membantu pelaksanaan unit kerja sesamanya, yakni Comika Event, Comika Space, Comika Management, Pecahkan, dan Fisikkal. Baru-baru ini, buku Pecahkan NYC juga diterbitkan sebagai lanjutan dari buku sebelumnya, Pecahkan. Indra Cahya terlibat sebagai pendamping penulis, Pandji Pragiwaksono, dalam penerbitan buku tersebut.

Pada siaran langsung Basa-basi Bahasa, Indra menjelaskan bahwa perbedaan pada kedua buku tersebut terletak pada praktik yang dilakukan. Jika Pecahkan berfokus pada praktik yang lebih alot—dimulai dari perancangan premis hingga bit—Pecahkan NYC berfokus pada asal-usul stand up comedy, sejarah, serta perkembangannya. Hal ini memudahkan pembaca untuk menentukan buku yang akan dibaca terlebih dahulu.

Artikel-artikel produksi Comikamedia dapat disimak di situs web comika.media. Jika berkunjung ke situs web tersebut, Kerabat Nara dapat langsung melakukan registrasi akun dan masuk untuk membaca artikel secara lengkap.