Topik “Komunikasi Etiket Bisnis (Protokoler)” untuk pertama kalinya disampaikan Narabahasa dalam Griyaan Luring Narabahasa (GLN) untuk PT LRT Jakarta. Beberapa kerja sama yang sebelumnya telah PT LRT lakukan bersama mitra bisnisnya membutuhkan pengetahuan mengenai tata tempat, tata upacara, dan sejumlah seremoni. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung kelancaran kegiatan sehingga menghasilkan kualitas acara yang memuaskan seluruh pihak. Atas tujuan itulah, pelatihan “Komunikasi Etiket Bisnis (Protokoler)” diadakan.
Pada 12 Desember 2022, griyaan itu dimulai sejak pukul 09.00 di Gedung MCC-Depo LRT Jakarta, Kelapa Gading. Moderator membuka kegiatan sebelum menyambut pengajar, Purwanto Edi, yang kemudian mengawali kelas dengan bahasan mengenai protokol, protokoler, dan keprotokolan. Setelah itu, pengajar kedua, yakni Dyah Kusumawati, mengarahkan para peserta untuk mengerjakan asesmen personalitas dan kebiasaan komunikasi. Dyah juga menjelaskan hal-hal praktis, seperti etiket menghadiri pertemuan dan etiket berkunjung. Filosofi penampilan turut dibahas guna memperdalam materi keprofesionalan. Griyaan ditutup oleh Purwanto yang mengajak para peserta untuk role-play atau bermain peran untuk layanan pelanggan.
Penulis: Thesa Nurmanarina
Penyunting: Dwi Aprilia Kumala Dewi