Tabah (Tanya Jawab Kebahasaan) yang diadakan pada Kamis, 1 Februari 2024, kembali dipandu oleh salah satu finalis Duta Bahasa Nasional. Pada kesempatan kali ini, Duta Bahasa diwakili oleh I Wayan Windi Artha atau Bli Windi, finalis Terbaik II Putra dari Provinsi Bali. Bli Windi ditemani oleh Mas Mufid untuk memoderatori Tabah bersama narasumber tetap, Ivan Lanin.

Bli Windi, mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, menunjukkan dedikasi dan keberhasilan yang mengesankan sejak tahun 2019. Fokusnya pada karya tulis dan publikasi dalam bidang kesehatan dan kebahasaan telah menghasilkan prestasi yang mengesankan. Beberapa prestasi tersebut adalah Juara 2 Mahasiswa Berprestasi Universitas Udayana, Juara 1 dalam Lomba Literature Review pada Scientific Atmosphere, dan Finalis dalam Tropical Infectious Disease Branch pada International Medical Olympiad. Kesuksesan ini juga membawanya menjadi Terbaik II Duta Bahasa Nasional pada 2023. 

Kehadiran Bli Windi menambah keramaian Tabah di episode ke-127 ini. Dua pertanyaan menarik dari warganet adalah istilah “gue” dan “gua” yang memiliki kesan berbeda saat diucapkan langsung dan diketik dalam pesan teks, serta kebingungan warganet dalam membedakan kita dan kami. Selain itu, pertanyaan-pertanyaan tentang ejaan diarahkan langsung ke laman resmi ejaan.kemdikbud.go.id. Seluruh pertanyaan dijawab dengan lugas oleh Uda Ivan.

Tabah malam itu ditutup dengan pernyataan akhir dari Uda Ivan tentang dorongan untuk berlatih keterampilan berbahasa. Menurutnya, keterampilan berbahasa harus dikembangkan dengan cara yang sama seperti keterampilan lainnya. Misalnya, jika ingin terampil menulis, kita harus sering menulis dengan cara mencicil. Walaupun perlahan, setidaknya sudah ada aksi untuk menuangkan pikiran.

Jika Kerabat Nara mempunyai pertanyaan seputar bahasa, jangan ragu untuk bertanya di kanal media sosial Narabahasa. Tim Narabahasa akan menjawabnya pada Tabah setiap pekannya.