PT PP (Persero) yang bergerak dalam bisnis konstruksi dan investasi bertujuan untuk mewujudkan sumber daya unggul dengan proses pemenuhan, pengembangan, dan penilaian yang berbasis pada budaya perusahaan. Kebutuhan komunikasi untuk menunjang hal tersebut mesti selalu dilatih dengan cara terampil dalam menulis memo, surat, dan laporan. Maka, pada 10 Maret 2023, di Ruang Boston, PP University, Puncak, Cisarua, Bogor, PT PP mengadakan pelatihan untuk mengembangkan diri mereka dalam menulis.

Dalam pelatihan tersebut, Ivan Lanin bertugas sebagai pengajar. Sebelum dimulai dengan paparan materi, pelatihan dibuka oleh Ni Made Sasanti selaku Senior Vice President Human Capital Management PT PP.

Lebih dari 12 dokumen dibahas saat pelatihan berlangsung. Pembedahan dokumen dilakukan oleh Ivan Lanin dengan tujuan untuk melihat kendala dan kesulitan umum para peserta pelatihan. Pasalnya, dalam praktik penulisan, terdapat sejumlah kendala, termasuk tidak adanya format standar yang digunakan sehingga Ivan memberikan pedoman standar pembuatan surat. Pemilihan kata yang tidak efektif dan kesalahan penggunaan kata kerja pada awal kalimat juga masih sering digunakan oleh peserta. Pada sesi bedah contoh ini, masalah-masalah penulisan tersebut diulas dan diberi masukan secara langsung oleh Ivan agar dapat diperbaiki.

 

Penulis: Thesa Nurmanarina

Penyunting: Dwi Aprilia Kumala Dewi