Narabahasa menyelenggarakan kelas griyaan untuk Pertamina pada Minggu, 28 November 2021, di Grand Mercure, Harmoni, Jakarta. Ivan Lanin, Direktur Utama Narabahasa, menjadi widyaiswara dalam kelas bertajuk “Korespondensi Elektronik” itu.

Ada tiga bahasan yang disampaikan oleh Ivan, yakni karakteristik korespondensi melalui surat elektronik, bahasa pelayanan pelanggan di platform digital, serta gramatika dan ejaan.

Pada sesi pertama, Ivan menjelaskan fungsi, kriteria, dasar, dan penggolongan surat. Setelahnya, ia menerangkan jenis pesan yang terbagi menjadi pesan rutin, positif, dan negatif. Ia juga mendetailkan kiat membuat surat-surat itu. 

Pada sesi kedua, Ivan memulai pemaparannya dengan menjelaskan bahasa digital. Ia membedah karakteristik beberapa media sosial yang populer saat ini. Setelah itu, ia memberikan kiat bahasa pelayanan pelanggan. Menurutnya, ada empat aspek yang harus dipenuhi ketika berkomunikasi dengan pelanggan, yakni kesantunan berbahasa, prinsip kerja sama, tindak tutur, dan pasangan kedekatan.

Kemudian, pada sesi ketiga, Ivan memaparkan laras bahasa serta gramatika dan ejaan. Pada kesempatan itu, ia menjelaskan laras bahasa kreatif dan bisnis. Selanjutnya, ia memerinci lima tataran bahasa, yakni wacana, paragraf, kalimat, kata, dan ejaan. 

Usai pemaparan materi, Ivan meninjau produk pelayanan pelanggan pada media sosial dan surat elektronik Pertamina. Ia juga merevisi tata bahasa dalam layanan tersebut agar lebih ringkas dan jelas.

***

Penulis: Rassya Priyandira
Penyunting: Harrits Rizqi