Pembelajaran Training Lecturer Andragogy Lanjutan bersama BPJS

oleh Narabahasa

Pada Senin s.d. Rabu, 1 s.d. 3 April 2024, Narabahasa sukses menggelar pelatihan Pembelajaran Training Lecturer Andragogy Lanjutan untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di HARRIS Hotel & Conventions Kelapa Gading, Jakarta. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi keterampilan teknis dan nonteknis para pegawai BPJS Kesehatan, sesuai dengan bentuk dukungan Corporate University BPJS Kesehatan dalam mencapai terwujudnya salah satu misi peningkatan mutu SDM pegawai BPJS Kesehatan. Maksud lain digelarnya kelas griyaan ini adalah agar peserta mampu meningkatkan kompetensi dalam mengajar, memahami materi yang akan disusun untuk pembelajaran dengan lebih baik, mampu meningkatkan kualitas pengajaran, dan mampu beradaptasi dengan perubahan di masa yang akan datang.

Pelatihan diikuti oleh 23 peserta dan diisi oleh empat pengajar utama yang dibagi ke beberapa sesi selama tiga hari, yaitu A.G. Purwanto Edi, Uda Ivan Lanin, R. Dyah Kusumawati, dan Panji Priambudi.

Hari pertama pelatihan dibuka oleh Purwanto Edi yang memaparkan materi “Menjadi Pelatih Profesional dalam Pembelajaran Andragogi” yang dilanjutkan dengan materi wicara publik. Dyah Kusumawati menyambung sebagai pengajar selanjutnya yang mengarahkan pengerjaan asesmen I dan II mengenai kepribadian tiap peserta. Sesi diakhiri dengan diskusi antarkelompok.

Pada hari kedua, kelas diisi oleh Uda Ivan sebagai pengajar yang memaparkan materi terkait keterampilan berbahasa dan penyajian presentasi yang efektif. Setelah itu, peserta ditugaskan untuk praktik individu menulis bebas yang diakhiri dengan membahas bersama, memberi tanggapan, dan menjawab pertanyaan. 

Pada hari ketiga, Panji Priambudi memaparkan materi terkait salindia presentasi. Peserta diberikan topik dan ditugaskan untuk praktik membuat salindia presentasi sebagai keluaran dari pelatihan. Selain praktik, pengajar juga memaparkan materi terkait struktur umum bahan presentasi dan optimasi gambar, warna, dan pemilihan tipografi.

Secara keseluruhan, pelatihan ini dianggap berhasil dilakukan sesuai tujuan dan capaian kriteria peningkatan keterampilan dalam mengajar, khususnya mengenai fungsi dan peran pengajar dalam metode pembelajaran andragogi, teknik penyajian presentasi efektif, keterampilan menulis populer, dan pembuatan salindia presentasi yang mudah dipahami.

 

Penulis: Irwan Maulana

Penyunting: Rifka Az-zahra

Anda mungkin tertarik membaca

Tinggalkan Komentar