Sejak 2021, OJK telah rutin mengadakan pelatihan kebahasaan dengan Narabahasa. Karena tujuannya beragam, materi yang diberikan juga menjadi beragam. Kali ini, pelatihan pertama OJK dan Narabahasa pada 2024 diadakan pada Rabu, 28 Februari 2024 pukul 16.00–18.00 WIB. Acara ini sebetulnya merupakan bagian dari rangkaian Program Kompetensi Pegawai Promosi Level Staf 2024 (PPK Promosi Staf 2024).

Program tersebut membagi 78 peserta ke dalam dua kelas. Ivan Lanin mengajar di kelas A, sementara Dita Sabariah di kelas B. Tidak ada perbedaan spesifik dari latar belakang peserta. Peserta kedua kelas tersebut sama-sama beragam dari berbagai departemen kantor pusat dan daerah.

 

Sesi pagi diisi dengan tes awal, keterampilan bahasa, teori penulisan ilmiah populer secara umum, dan tata bahasa. Sesi praktik dimulai setelahnya. Dari 37 peserta, ada 17 tulisan yang masuk untuk dibedah. Ivan Lanin serta Dita Sabariah membahas perbaikan pada tulisan dari berbagai topik dan mendapati beberapa hal yang dapat disoroti sebagai kesalahan umum. Pengajar, secara perlahan, menjelaskan kesalahan umum tersebut sekaligus menyelaraskan kembali teori penulisan ilmiah populer dengan implementasi di lapangan seperti bahasa, tujuan, dan pengutipan.

Penulis: Thesa Nurmanarina

Penyunting: Rifka Az-zahra