Narabahasa mengadakan pelatihan dengan PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz) yang berlangsung pada tanggal 24 dan 26 Juli 2023. Ivan Lanin kembali menjadi pengajar untuk pelatihan bertopik “Keterampilan Menulis Efektif”. Kegiatan yang berlangsung melalui Microsoft Teams ini dibagi ke dalam dua rangkaian: pemaparan materi dan praktik bedah contoh.

Pelatihan dihadiri oleh 21 pegawai Allianz mulai dari divisi Corporate Communications hingga Procurement Outsourcing and Travel Management. Setelah pemaparan materi dan sesi diskusi berjalan, mulai terkuak hambatan yang dialami oleh pegawai Allianz dalam menulis dokumen bisnis. Sebagian besar pegawai memiliki permasalahan tentang pemahaman klien terhadap dokumen yang dikirim. 

“Dalam menulis dokumen, gunakan kalimat yang lebih singkat agar efektif. Kalimat yang singkat akan memudahkan klien memahami bacaan,” ujar Ivan Lanin.

Saran lain yang diberikan Uda Ivan Lanin adalah meminta rekan kerja untuk membaca tulisan yang telah dibuat (pascapenulisan). “Dengan begitu, kita dapat mengetahui apakah tulisan kita dapat dipahami atau tidak,” saran Uda Ivan Lanin ketika menutup pelatihan pada hari kedua. 

 

Penulis: Nabila Ramadhina Masha

Penyunting: Rifka Az-zahra