BBPPKS Jayapura pertama kali berkolaborasi dengan Narabahasa dalam kelas pelatihan Keterampilan Komunikasi Efektif dan Konseling pada Selasa–Rabu, 2–4 April 2024 di Aula Bahama 1, Liberta Hotel Kemang, Jakarta. Acara itu dilangsungkan dengan tujuan meningkatkan kompetensi komunikasi para peserta, utamanya dalam hal komunikasi dan konseling, serta presentasi profesional.

Peserta yang terlibat di kelas pelatihan itu berjumlah 10 orang dan dibagi ke empat sesi per harinya. Kelas diisi oleh Priandona Ogansyah sebagai pengajar yang secara penuh memaparkan materi terkait komunikasi efektif pada dua hari pelatihan. Kelas diakhiri dengan materi konseling pada hari ketiga. Tiap kelas dirampungkan dengan sesi praktik. 

Pada tiap kelas pelatihan, Mas Prian membuka kelas dengan sesi ice breaking atau sesi pencairan suasana refleksi kelas. Peserta yang dibagi menjadi dua kelompok terlihat cukup antusias dengan sesi “bermain” bersama Mas Prian. 

Selain sesi ice breaking yang mencuri perhatian peserta, materi kelas pun tidak kalah menarik. Materi utama yang dipaparkan, seperti komunikasi fundamental, meminimalkan ungkapan kata mungkin dan menekankan praktik dalam berkomunikasi. 

Perubahan terlihat pada awal dan akhir pelatihan. Peserta yang awalnya masih malu-malu menjadi lebih ekspresif, interaktif, dan mampu menggunakan intonasi dalam bertutur.

Kelas dinilai sukses dilakukan sesuai tujuan. Peserta mampu menerapkan cara berkomunikasi efektif dalam kehidupan sehari-hari, bertutur dan menyajikan presentasi secara profesional, menjadi lebih luwes dalam bersosialisasi, dan mengungkapkan pernyataan dengan baik. 

 

Penulis: Irwan Maulana

Penyunting: Rifka Az-zahra