Sebagai penyelenggara layanan kebahasaan, Narabahasa masih terhitung baru dalam mengadakan kelas luring untuk publik. Kebanyakan kelas luring yang dilaksanakan oleh Narabahasa merupakan kerja sama dengan sejumlah instansi atau lembaga dalam bentuk pelatihan griyaan (in-house training). Namun, pada 5 Maret 2023, Kelas Luring Publik (KLP) Penulisan Konten dan Wara yang digelar Narabahasa justru memberi kejutan baru. Selain Ivan Lanin, kelas ini menghadirkan wajah baru, yaitu pengajar muda bernama Ichsan Andi Lubis. 

Dalam kelas yang diselenggarakan di 3 Wise Monkeys, Jakarta Selatan, para peserta secara aktif memberikan pertanyaan dan mempraktikkan ilmu yang didapat secara langsung. Namun, sebelum sesi praktik berlangsung, peserta dibekali dengan materi mengenai karakteristik konten dan wara. Pada pemaparan tersebut, peserta secara antusias menyimak teori yang membahas perbedaan spesifik antara konten dan wara.

Kedua pengajar, Ichsan dan Ivan, membahas mengenai tahap-tahap penyusunan konten. Terdapat dua hal yang disorot dalam tahap penyiapan, yaitu penyediaan taklimat dan nilai unik pada konten tersebut. Formula 4-U juga dipaparkan sebagai saran untuk para peserta membuat konten nantinya. Tidak hanya materi dasar, Ichsan dan Ivan menerangkan lebih lanjut tentang penulisan wara dan konten. Mereka membeberkan kesalahan-kesalahan umum para penulis wara dalam tahap penyajiannya. Kelas pun ditutup dengan praktik yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu pembuatan slogan dan konten oleh para peserta.

 

Penulis: Thesa Nurmanarina

Penyunting: Dwi Aprilia Kumala Dewi