Pelatihan lanjutan dilaksanakan oleh Narabahasa untuk Bank Mega pada 26 April 2024. Pelatihan berlokasi di Ruang Commitment, Menara Bank Mega, Tendean, Jakarta dari pukul 9.00 s.d. 17.00 WIB. Pelatihan ini diikuti oleh dua unit kerja di bawah divisi Process Management and Internal Control (PMIC) sebanyak 32 orang. Pengajar hari kedua ini ialah Uda Ivan Lanin. Tujuan dilakukannya pelatihan ialah meningkatkan kemampuan dan kompetensi peserta dalam memahami keterampilan berbahasa; menulis dengan bahasa yang baik, benar, akuntabel, dan informatif; memahami prinsip tata bahasa, serta memahami ejaan yang tertib.

Bank Mega merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. Bank Mega memiliki misi untuk mewujudkan pegawai yang kompeten dan profesional, salah satunya dalam menulis dan berbahasa. 

Sama dengan hari pertama, hari kedua dibagi ke dalam empat sesi. Sesi pertama dibuka dengan foto bersama sekaligus memberikan hadiah berupa cokelat untuk kelompok terbaik pada pelatihan sebelumnya. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Uda Ivan Lanin mengenai penyusunan laporan yang terdiri atas laras bahasa bisnis, naskah dinas, jenis laporan, format laporan, bagian laporan, dan contoh laporan. Selain penyusunan laporan, pengajar juga membahas penulisan surat resmi. Sama seperti hari sebelumnya, kegiatan dilanjutkan dengan bermain kuis bersama, pembuatan kelompok untuk praktik menyunting, pemaparan hasil, dan sesi tanya jawab peserta. 

Secara keseluruhan, pelatihan ini dianggap berhasil karena telah mencapai tujuan diadakannya pelatihan, yaitu meningkatkan pemahaman peserta terhadap keterampilan berbahasa, kaidah berbahasa, ejaan, dan penulisan efektif untuk surat serta laporan. 

 

Penulis: Irwan Maulana

Penyunting: Rifka Az-zahra