Pelatihan kali ini dilaksanakan oleh Narabahasa untuk Bank Mega selama dua hari, yaitu 25 s.d. 26 April 2024. Pelatihan berlokasi di Ruang Commitment, Menara Bank Mega, Tendean, Jakarta dari pukul 9.00 s.d. 17.00 WIB. Pelatihan ini diikuti oleh dua unit kerja di bawah divisi Process Management and Internal Control (PMIC) sebanyak 32 orang. Hasil kerja dua unit tersebut berlainan, tetapi saling berhubungan. Unit Process Management (PM) memiliki tugas untuk menyusun kebijakan dan prosedur, sedangkan Internal Control (IC) cenderung melaporkan pemeriksaan. Kemudian, PM memiliki tanggung jawab pada keputusan penetapan peraturan, sedangkan IC meneruskan PM dengan memeriksa penetapan aturan itu. 

Tujuan dilakukannya pelatihan ialah untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi peserta dalam memahami keterampilan berbahasa; menulis dengan bahasa yang baik, benar, akuntabel, dan informatif; memahami prinsip tata bahasa, serta memahami ejaan yang tertib. Pelatihan pada hari pertama diisi oleh Dita Sabariah sebagai pengajar. 

Hari pertama dibagi ke dalam empat sesi. Pada sesi pertama, Mbak Dita membahas materi keterampilan berbahasa, laras bahasa, kaidah bahasa, dan rujukan bahasa. Selanjutnya, materi yang dibahas ialah struktur dan penataan wacana. Sesi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab peserta. Pada sesi kedua, pengajar memaparkan materi terkait gramatika dan ejaan. Pada setiap akhir pemaparan materi, selalu diberlakukan sesi tanya jawab bagi peserta. 

Sesi refleksi dan pemungkas diakhiri dengan bermain kuis bersama menggunakan media Kahoot. Peserta yang meraih skor akhir tertinggi akan mendapatkan pengharum buluh (reed diffuser) yang merupakan produk kreasi dari Narabahasa. Pada sesi akhir ini, pengajar mengarahkan peserta membentuk kelompok untuk melakukan praktik menyunting laporan internal yang telah mereka ajukan sebelumnya. Setelahnya, mereka diberikan ruang untuk memaparkan hasil suntingan.

 

Penulis: Irwan Maulana

Penyunting: Rifka Az-zahra