Pada 910 September 2024, Narabahasa menyelenggarakan pelatihan Griyaan Luring Narabahasa (GLN) kepada 30 karyawan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pelatihan tersebut membahas “Penulisan Wara (Copywriting) dan Penerapan Tata Bahasa untuk Layanan Pengguna”. Menariknya, pelatihan kali ini dilaksanakan saat jam kerja karyawan.

Pelatihan dibuka oleh pembawa acara, Pak Donny, yang kemudian disambung dengan sambutan Pak Irwan selaku Kepala Seksi Layanan Pelanggan. Uniknya, Pak Donny dan Pak Irwan menyampaikan satu hal yang sama, yaitu penafian (disclaimer) bahwa nantinya para peserta pelatihan akan sesekali tidak menyimak karena masih harus berurusan dengan layanan pelanggan secara luring. Mereka harap pengajar griyaan, Ivan Lanin, memahami alasan fokus peserta terbagi antara laptop, ponsel, dan pelatihan.

Di sisi lain, fokus peserta juga terbagi dengan pekerjaan lain, seperti membalas pesan surat elektronik (surel), pesan media sosial (medsos), dan obrolan langsung. Namun, masih banyak juga peserta yang tetap memperhatikan, aktif bertanya, dan merespons selama pelatihan berlangsung.

Terdapat puluhan pertanyaan beraneka ragam yang diajukan para peserta. Proses tanya jawab berlangsung dengan interaktif dan menarik. Selain itu, di sela-sela sesi, Ivan Lanin memberikan kuis spontan kepada salah satu peserta. Peserta yang menjawab kuis menerima hadiah buku Recehan Bahasa.

Topik pembahasan yang serius membuat para peserta memerlukan konsentrasi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, Narabahasa memberikan kuis luring yang diikuti oleh semua peserta dengan tujuan merilekskan otot-otot peserta sekaligus melihat sejauh mana peserta memahami materi yang telah diberikan.

 

Penulis      : Samuel Gerardo Putera Serva

Penyunting : Nesti Magdalena