Pada 9 hingga 10 November 2023, acara Griyaan Daring Narabahasa untuk OJK telah sukses dilangsungkan mulai pukul 9.00 sampai 16.00 WIB. Kegiatan yang diadakan melalui platform Zoom ini dipandu oleh Ivan Lanin dan Dita Sabariah sebagai pengajar utama.

Pelatihan ini terbagi menjadi dua bagian. Hari pertama fokus pada sesi pemaparan materi, sedangkan hari kedua didedikasikan untuk praktik bedah dokumen. Sebanyak 21 peserta aktif berpartisipasi dalam diskusi selama pelatihan berlangsung.

Pembukaan acara ditandai dengan sambutan hangat dari Ibu Herawati Akbar, Deputi Direktur Pelaksanaan Program OJK. Ibu Herawati menegaskan bahwa pelatihan ini diselenggarakan sebagai respons atas kebingungan pegawai dalam menyusun laporan atau naskah dinas yang efektif.

Selain penjelasan materi dan proses bedah dokumen, Ivan Lanin turut memberikan informasi menarik terkait ChatGPT kepada para peserta. Ivan menyoroti bahwa ChatGPT dapat menjadi alat bantu yang berharga dalam penyusunan berita pers. Menurutnya, ChatGPT memiliki gaya bahasa yang lebih santai daripada naskah dinas biasa sehingga dapat digunakan untuk menciptakan berita pers yang lebih kreatif dan tidak terlalu formal.

Peserta pun merespons dengan penuh semangat ketika mendengar hal ini. Salah satu peserta bahkan menyampaikan kegembiraannya. “Wah, [itu] akan berguna sekali untuk pekerjaan saya ini, Pak, mengingat biasanya kami disuruh untuk membuat berita pers, tetapi pengetahuan jurnalistik tentang bagaimana cara membuat berita pers yang baik itu masih kurang. Terima kasih, Pak Ivan!” ujar Budi Hamdani dengan antusias.

 

Penulis: Syakira Wardatul Aisyi

Penyunting: Rifka Az-zahra