Setelah pelaksanaan kelas Griyaan Luring Narabahasa (GLN) pada 27 Januari dan 3 Februari lalu, Danareksa kembali mengadakan GLN dengan topik penyusunan surat, laporan, dan cerita data pada 16 dan 23 Februari 2023. Pelatihan ini diikuti oleh 28 peserta dari berbagai divisi kerja.

Sama seperti GLN sebelumnya, pada hari pertama, Ivan Lanin selaku pengajar mengawali pembahasan dengan materi keterampilan bahasa. Secara ringkas, ia menjelaskan pembagian keterampilan berbahasa yang berdasarkan dua aspek, yaitu baik dan benar. Pada sesi selanjutnya, Ivan memaparkan teori penulisan surat, yang meliputi komunikasi bisnis, jenis surat, format surat, dan struktur surat. 

Pada hari kedua, Ivan mengajak peserta untuk fokus membedah hasil tulisan mereka yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Setelah rehat, peserta mengikuti kuis Kahoot yang diselenggarakan Narabahasa. Peserta dengan skor tertinggi mendapatkan hadiah berupa buku Recehan Bahasa: Baku Tak Mesti Kaku karya Ivan Lanin.

Sesi selanjutnya membahas kesalahan umum dalam berbahasa, termasuk penggunaan kata kerja pada awal kalimat. Selain itu, Ivan membahas pula mengenai struktur kalimat lebih lanjut. Ejaan juga menjadi sorotan dalam GLN tersebut meski masih menjadi kendala yang minor ditemui.

 

Penulis: Thesa Nurmanarina

Penyunting: Dwi Aprilia Kumala Dewi