Ketika menulis laporan, penggunaan tata bahasa memainkan peran sentral dalam menyampaikan informasi dengan jelas dan persuasif. Tata bahasa yang baik tidak hanya memperhatikan aturan formal, tetapi juga menuntut kejelasan dan konsistensi dalam penyampaian pesan. Pemilihan kata yang tepat, struktur kalimat yang teratur, dan penggunaan gaya penulisan menjadi kunci dalam membentuk laporan yang profesional dan mudah dipahami. Kesalahan tata bahasa dapat mengakibatkan penafsiran yang salah dan menurunkan kredibilitas suatu laporan perusahaan. 

Guna menguasai penulisan laporan, Biro Manajemen Kinerja dan Kerja Sama Kementerian PANRB mengikuti kegiatan Pembekalan Penyusunan Rancangan Teknokratis Rencana Strategis Kementerian PANRB Tahun 2025—2029 yang mengulas topik menarik bertajuk “Tata Bahasa dalam Laporan”. Acara yang berlangsung pada 1 Desember 2023 ini menjadi wadah bagi peserta untuk memperoleh pengetahuan lebih dalam tentang penataan bahasa dan penertiban ejaan dalam laporan. 

Plt. Kepala Biro Manajemen Kinerja dan Kerja Sama Kementerian PANRB, Bapak Ronald, turut hadir untuk memberikan sambutan. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam penyusunan rencana strategis ke depan. Selanjutnya, Dita Sabariah sebagai widyaiswara memaparkan esensi dari keterampilan berbahasa guna meningkatkan penataan bahasa dan penggunaan ejaan yang tepat dalam laporan. Keaktifan peserta tampak saat mereka mengajukan pertanyaan yang relevan selama sesi pemaparan.

Melalui diskusi dan tanya jawab, terungkap bahwa masih banyak informasi tentang tata bahasa dan ejaan yang baru diketahui oleh para peserta dan belum diterapkan pada tulisan mereka. Acara ini menjadi kesempatan belajar untuk mendapatkan koreksi pemahaman tentang penataan bahasa yang baik. 

Pentingnya keterampilan berbahasa dalam penyusunan rencana strategis Kementerian PANRB tidak dapat diabaikan. Dengan adanya acara ini, peserta diharapkan lebih siap dalam menyusun dokumen-dokumen penting dengan bahasa yang tepat, jelas, dan profesional. Meskipun waktu terbatas, kegiatan ini berhasil memberikan wawasan yang berharga kepada para peserta.

 

Penulis: Sabrina Araminta

Penyunting: Rifka Az-zahra