Sebagai lembaga yang berada di bawah Kementerian Keuangan, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) memiliki fungsi dalam merumuskan rekomendasi kebijakan di bidang fiskal dan keuangan. Berbagai strategi terkait kebijakan ekonomi dan fiskal tersebut dimuat dalam dokumen. 

BKF bersama Narabahasa menyelenggarakan Griyaan Luring Narabahasa (GLN) untuk memahami penulisan dokumen negara yang memenuhi kaidah EYD. Kegiatan tersebut dilaksanakan dua hari berturut-turut pada 11 dan 12 Januari 2024 di Gedung Badan Kebijakan Fiskal, Jalan Dr. Wahidin Raya No.1, Jakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta dari berbagai divisi kerja.

Pada hari pertama, Ivan Lanin selaku pengajar mengawali pembahasan dengan materi keterampilan berbahasa, konteks bahasa yang baik, dan kaidah bahasa yang benar. Ivan juga membahas produk yang menggunakan artificial intelligence (AI), yaitu ChatGPT, yang dapat membantu peserta ketika mengalami hambatan dalam menulis. Selain itu, pengajar lainnya, Innezdhe Ayang Marhaeni membahas bagaimana cara meriset data dan menyajikan data tersebut dengan baik. Untuk menambah keseruan griyaan, diadakan juga selingan berupa kuis interaktif menggunakan Kahoot dengan hadiah yang menarik.

Pada hari kedua, Ivan Lanin dan Dita Sabariah sebagai pengajar mengajak peserta untuk membedah dokumen yang telah dikirim sebelumnya. Mereka memberikan saran dan masukan kepada peserta agar dapat menjadi pembelajaran dalam penulisan berikutnya. Pada sesi ini, banyak sekali pertanyaan yang diajukan, di antaranya tentang penggunaan tanda baca, peletakan kata hubung, dan kata baku.

Semoga dengan adanya griyaan ini, dapat tercapai tujuan yang diinginkan, yaitu meningkatkan pemahaman peserta akan pentingnya kaidah penulisan sesuai EYD, terutama dalam penyusunan dokumen negara yang kredibel, efektif dan informatif.

 

Penulis: Jeviska Ludia Septianty

Penyunting: Rifka Az-zahra