Bukan tidak mungkin perusahaan yang bergerak dalam industri perbankan mempelajari bahasa. Pasalnya, bahasa memang merupakan alat penyampaian informasi yang efektif di segala bidang. Contohnya adalah Bank Neo Commerce (BNC) yang bekerja sama dengan Narabahasa, mengadakan griyaan pembuatan konten digital. Griyaan ini berangkat dari kebutuhan mereka untuk menjaga keluwesan citra media sosial BNC dengan tetap memperhatikan tata bahasa.

Dalam Griyaan Luring Narabahasa (GLN) yang diadakan pada 16 Desember 2022 tersebut, peserta yang hadir di Ruko Graha Permata Pancoran, Jakarta Selatan, terdiri atas tim yang sudah berpengalaman dalam bidang media sosial dan ranah kreatif selama lebih dari tiga tahun. Kesulitan yang dihadapi dalam keseharian mereka adalah kurangnya ketelitian berbahasa dalam penulisan. Ivan Lanin, Direktur Utama Narabahasa sekaligus pengajar dalam griyaan tersebut, menjelaskan bahwa ketelitian bisa diasah dari kegiatan swasunting yang dipisahkan dari kegiatan menulis.

Sebelum mencapai simpulan itu, Ivan terlebih dulu menjelaskan dasar-dasar penulisan konten, wara, dan berita untuk media digital. Dalam pengelolaan konten, perlu ada beberapa tahap yang dilakukan, yakni penyiapan, penyusunan, dan penyajian. Ivan juga menjelaskan mengenai gaya-gaya bahasa yang direkomendasikan untuk digunakan pada platform media sosial perusahaan.

Tidak hanya diadakan selama satu hari, GLN untuk BNC kembali diadakan pada 21 Desember 2022 dengan bertempat di Treasury Tower, Jakarta Selatan. Topik yang diangkat pada hari kedua adalah penyusunan konten komunitas, pelayanan pelanggan, dan penyajian presentasi. Sementara itu, berlokasi di tempat yang sama, hari terakhir griyaan akan dilaksanakan pada 28 Desember 2022 dengan topik Tata Bahasa, Ejaan, dan Kiat Menyunting.

 

Penulis: Thesa Nurmanarina

Penyunting: Dwi Aprilia Kumala Dewi