Dengan melanjutkan penelusuran, Anda menyetujui penggunaan kuki yang bertujuan untuk meningkatkan layanan kami kepada Anda.
Dengan melanjutkan penelusuran, Anda menyetujui penggunaan kuki yang bertujuan untuk meningkatkan layanan kami kepada Anda.
TELEPON
+62 811 9920 220
SUREL
narahubung@narabahasa.id

Tanya Jawab Umum

Umum

Narabahasa adalah perusahaan penyedia layanan edukasi, konsultasi, publikasi, kreasi, dan aplikasi kebahasaan.

  • Edukasi: pelatihan keterampilan bahasa
  • Konsultasi: pendampingan kebutuhan khusus kebahasaan
  • Publikasi: produk buku kebahasaan
  • Kreasi: produk pernak-pernik kebahasaan, seperti kaus dan mug
  • Aplikasi: produk aplikasi kebahasaan (dalam pengembangan)
  • Senin–Jumat: 09.00–20.00 WIB
  • Sabtu dan Minggu: 12.00–14.00 WIB

Layanan pelanggan Narabahasa dapat dihubung melalui saluran berikut ini.

  • Telepon/WhatsApp: +62 811 9920 220
  • Surel: narahubung@narabahasa.id

Edukasi

Edukasi Narabahasa adalah layanan pelatihan keterampilan berbahasa untuk publik dan griyaan (in-house).

Jenis edukasi Narabahasa terdiri atas dua, yaitu publik dan griyaan. Pelatihan publik diselenggarakan secara berkala dan dapat diikuti oleh siapa pun. Pelatihan griyaan diselenggarakan berdasarkan permintaan khusus dari organisasi tertentu. Berdasarkan saluran, layanan edukasi Narabahasa terdiri atas dua jenis, yaitu secara daring (via Zoom) dan secara luring (tatap muka langsung).

Topik edukasi Narabahasa mencakup keterampilan menulis untuk laras ilmiah, bisnis, jurnalistik, hukum, dan media sosial, serta keterampilan bahasa lain yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Daftar lengkap topik edukasi Narabahasa bisa dilihat pada laman Edukasi.

Edukasi Publik

Edukasi publik adalah pelatihan yang diselenggarakan secara berkala dan dapat diikuti oleh siapa pun.

Tautan dan materi kelas akan dikirim paling lambat 2 (dua) jam sebelum kelas dimulai.

Kelas daring Narabahasa menggunakan aplikasi Zoom.

Kirim surel dengan format subjek Permintaan Kuitansi_Nama Lengkap_Nama dan Kode Kelas ke keuangan@narabahasa.id.

Tidak bisa karena sertifikat akan dicetak sesuai dengan nama pemilik akun Sinara yang mendaftar pada kelas tersebut.

Tidak perlu. Pendaftaran peserta berhasil apabila sudah mendapat surel mekanisme kelas yang dikirim oleh Sinara.

Bisa. Silakan mengirimkan bukti pembayaran, daftar nama peserta, surel peserta, dan kelas yang diikuti ke WhatsApp atau surel Narabahasa.

Ya, pengingat akan dikirim 30 menit sebelum kelas dimulai, 15 menit sebelum kelas dimulai, dan 5 menit setelah kelas dimulai.

Kelas daring mandiri adalah kelas publik Narabahasa yang materi pembelajarannya disampaikan melalui rekaman video.

Akses rekaman video selama satu tahun, modul pembelajaran, dan sertifikat.

Penyampaian materi pada KDM dilakukan melalui rekaman video sedangkan pada KDP disampaikan langsung melalui Zoom. Selain itu, peserta KDM tidak dapat bertanya langsung ke pengajar seperti yang biasa dilakukan pada KDP.

Silakan menuju tautan sinara.narabahasa.id lalu pilih “Kelas Daring Mandiri”.

Bisa. Silakan mengirimkan bukti pembayaran, daftar nama peserta, surel peserta, dan kelas yang diikuti ke WhatsApp atau surel Narabahasa.

Bisa. Silakan mengirimkan bukti pembayaran, daftar nama peserta, surel peserta, dan kelas yang diikuti ke WhatsApp atau surel Narabahasa.

Edukasi Griyaan

Edukasi griyaan adalah layanan pelatihan yang diselenggarakan berdasarkan kebutuhan spesifik perusahaan.

Silakan hubungi layanan pelanggan Narabahasa melalui kanal pelanggan Narabahasa (WhatsApp, Surel, Telepon). Nanti, layanan pelanggan Narabahasa akan menghubungi Kerabat Nara untuk memberitahukan proses selanjutnya.

Silakan hubungi layanan pelanggan Narabahasa melalui kanal pelanggan Narabahasa (WhatsApp, Surel, Telepon). Nanti, layanan pelanggan Narabahasa akan menghubungi Kerabat Nara untuk memberitahukan proses selanjutnya.

Biaya pelatihan griyaan tergantung dari kebutuhan organisasi/perusahaan. Silakan hubungi layanan pelanggan Narabahasa. Kami akan dengan senang hati mendiskusikan biaya pelatihan.

Konsultasi

Konsultasi Narabahasa adalah layanan pendampingan pengembangan kebutuhan khusus tiap perusahaan yang memiliki keluaran akhir, seperti pedoman atau terbitan.

  • Konsultasi Komunikasi Bisnis
  • Konsultasi Penyusunan Glosarium
  • Konsultasi Penyusunan Buku
  • Konsultasi Pembuatan Laporan Tahunan

Silakan hubungi layanan pelanggan Narabahasa melalui kanal pelanggan Narabahasa (WhatsApp, Surel, Telepon). Nanti, layanan pelanggan Narabahasa akan menghubungi Kerabat Nara untuk memberitahukan proses selanjutnya.

Kemitraan

Ya, Narabahasa terbuka untuk melakukan kerja sama.

Silakan hubungi layanan pelanggan Narabahasa melalui kanal pelanggan Narabahasa (WhatsApp, Surel, atau Telepon).

Memiliki pengikut akun media sosial minimal 5.000 (kecuali mitra magang dan mitra operasional), memiliki renjana atau program yang mirip dengan Narabahasa, bisa membantu mewujudkan visi atau salah satu misi Narabahasa.

Produk, Acara, Konten, Jenama (brand), Dana.

Kreasi

Saat ini produk kreasi Narabahasa yang tersedia adalah kaus, tas, dan mug.

Kerabat Nara bisa mendapatkan kaus Narabahasa seharga Rp150.000,00, tas Narabahasa seharga Rp100.000,00, dan mug Narabahasa seharga Rp50.000,00.

Kerabat Nara dapat membeli produk kreasi Narabahasa di Tokopedia dan Shopee. Silakan kunjungi Tokopedia Narabahasa melalui tautan berikut tokopedia.com/narabahasa dan Shopee Narabahasa melalui tautan shopee.co.id/kreasinarabahasa.

Publikasi

Publikasi Narabahasa adalah produk terbitan kebahasaan yang dirilis oleh Narabahasa.

Publikasi Narabahasa yang saat ini sudah dirilis adalah buku Recehan Bahasa karya Ivan Lanin.

Kerabat Nara dapat membeli publikasi Narabahasa versi elektronik melalui Google Play Books  atau versi fisik melalui Tokopedia dan Shopee Narabahasa.

Sinara

Sinara atau sistem informasi Narabahasa adalah sistem manajemen kelas daring Narabahasa (KDNB) tempat semua kegiatan dari sebelum sampai setelah kelas daring Narabahasa

Silakan akses sinara.narabahasa.id → Masuk → Buat Akun → Daftar

Buka laman sinara.narabahasa.id, klik tombol “masuk” lalu klik “lupa kata sandi?” dan masukan alamat surel yang terdaftar pada Sinara. Kerabat Nara akan mendapat surel untuk mengatur ulang kata sandi pada akun Sinara. Jika surel tidak diterima pada kotak masuk utama, mohon periksa kotak spam.

Periksa kotak spam. Jika tidak ada, silakan ulangi secara berkala. Jika masih belum menerima konfirmasi lebih lanjut, Kerabat Nara juga bisa langsung menghubungi WhatsApp Nara.

Metode pembayaran yang dapat Kerabat Nara gunakan, yaitu Bank Transfer, Go-Pay, Q-ris, dan Mandiri Bill.

30 menit sebelum waktu pelaksanaan kelas.

Ya. Data semua peserta kelas daring Narabahasa dari KDNB-02 kami masukkan ke Sinara. Kerabat Nara dapat memasukkan alamat surel yang Kerabat Nara gunakan untuk mendaftar ketika itu pada fitur “Pengingat Sandi” yang kami sediakan.

Kelas yang sudah Kerabat Nara ikuti akan pindah ke menu “Kelas Saya”. Silakan klik menu “Kelas Saya” untuk memberi penilaian, menonton rekaman, serta mengunduh materi dan sertifikat.

Silakan masuk ke akun Sinara Kerabat Nara. Kelas yang telah didaftarkan akan muncul pada menu “Kelas Saya”. Jika belum memiliki akun Sinara, silakan mendaftar menggunakan surel yang sama dengan surel yang dikirimi mekanisme kelas.

Pastikan Kerabat Nara mengakses YouTube dengan surel yang didaftarkan pada akun Sinara atau surel yang digunakan saat pendaftaran kelas.

Rekaman dapat dilihat setelah kelas dengan cara masuk ke akun Sinara, klik “Daftar Kelas” pada halaman utama Sinara, dan pilih kelas yang ingin ditonton rekamannya.

Sertifikat dapat diunduh dengan cara masuk ke akun Sinara, klik “Daftar Kelas” pada halaman utama Sinara, dan pilih kelas yang ingin diunduh sertifikatnya.

Materi kelas akan diunggah maksimal 2 jam sebelum kelas berlangsung. Mohon untuk cek secara berkala.

Hal ini berarti surel yang didaftarkan Kerabat Nara sudah terdaftar pada Sinara. Silakan masuk kembali dengan surel dan kata sandi yang sudah terdaftar. Gunakan fitur “Lupa kata sandi” apabila Kerabat Nara tidak ingat kata sandi akun Sinara.

Silakan bersihkan tembolok (cache) dan data aplikasi. Selanjutnya, buka kembali aplikasi Sinara. Jika masih belum bisa, silakan hapus pemasangan aplikasi Sinara, lalu unduh kembali dari Google Play Store.

Kode voucer yang diisi pada bagian tersebut adalah kode voucer khusus dari Narabahasa. Jika Kerabat Nara tidak memiliki voucer dari Narabahasa bisa dikosongkan saja.

Apabila kendala terjadi saat mendaftar melalui situs, mohon untuk menyegarkan (refresh) halaman lalu akses kembali laman pendaftaran tersebut. Apabila kendala terjadi saat mendaftar melalui aplikasi, silakan mengosongkan singgahan (cache) dan data pada aplikasi Kerabat Nara, lalu masuk kembali dengan akun Kerabat Nara dan melanjutkan pembayaran.

Widyaiswara

Audisi Widyaiswara Narabahasa merupakan program perekrutan terbuka bagi masyarakat Indonesia yang memiliki renjana untuk mengajar dalam bidang bahasa.

  1. Berkewarganegaraan Indonesia
  2. Berusia 20–35 tahun
  3. Bergelar sekurang-kurangnya S-1
  4. Bersertifikat UKBI dengan minimal predikat Unggul
  5. Bersedia mengikuti ikatan dinas selama 2 tahun
  6. Berkemampuan wicara publik
  7. Berpengalaman mengajar merupakan nilai tambah

Boleh karena ketika menjadi widyaiswara usianya sudah 20 tahun.

Narabahasa mencari kandidat pada usia yang memiliki peluang lebih besar untuk mengajar dalam rentang waktu yang lama.

Kerabat Nara bisa menuju laman https://ukbi.kemdikbud.go.id/ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai UKBI.

Penempatan selama ikatan dinas secara daring. Sejauh ini, masih belum ada pembicaraan mengenai pengajaran tatap muka yang akan dibebankan ke widyaiswara.

Kandidat terpilih tidak boleh mengundurkan diri dalam jangka waktu 2 tahun setelah resmi menjadi widyaiswara. Kandidat yang mengundurkan diri sebelum bertugas selama 2 tahun akan diberikan penalti.

Tidak bisa. Widyaiswara adalah pekerjaan penuh waktu (full time).