Apa asal-usul sebuah kata? Ini merupakan salah satu pertanyaan besar yang melandasi kerja etimologi, cabang linguistik yang menyelidiki sejarah serta perubahan bentuk dan kata. Philip Durkin (2009) dalam The Oxford Guide to Etymology menyatakan bahwa etimologi merupakan upaya investigasi tentang sejarah kata.

Perlu kita ketahui, etimologi termasuk dalam penelitian linguistik historis. Dengan menyelisik sejarah suatu tataran linguistik (fonologi, morfologi, sintaksis, atau semantik), sebuah bentuk dan makna kata dapat diketahui. Kata cerita, misalnya, berasal dari Sanskerta yang memiliki bentuk carita. Kemudian, kata si-ka dalam bahasa Cina adalah bahan dasar pembentuk kata seka yang kemudian diturunkan menjadi menyeka

Contoh kata yang mengalami perubahan makna adalah kata girl. Dalam The Unexpected Evolution of Language, Justin Cord Hayes (2012) menulis bahwa pada awal kemunculannya, yakni pada pertengahan abad ketiga belas, kata girl hanya memaknai ‘anak muda’. Tidak ada status gender dan jenis kelamin yang melekat pada kata itu. Pada pertengahan abad keenam belas, barulah kata tersebut merujuk pada perempuan.

Contoh lain perubahan makna pada kata adalah ill dalam bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Nordik Kuno. Sebelum bermakna ‘sakit’, ill berarti ‘jahat’ dan ‘menyakitkan’.

Bekerja sebagai seorang etimolog bukanlah perkara mudah. Kita mesti menyelidiki sebuah kata dari segi fonologi, morfologi, perilakunya ketika ditempatkan dalam kalimat, dan makna kontekstualnya. Umumnya, tugas tersebut tidak dapat dilakukan oleh seorang etimolog saja. Terang saja, dalam menyelidiki sebuah kata, kita harus mendalami sejarah, membaca fenomena kontak antarbudaya, dan mempelajari naskah kuno beserta tata bahasanya. Bahkan, tidak jarang kita akan berhadapan dengan silsilah bahasa di dunia.

Lebih dari itu, etimolog juga wajib memahami penelitian terdahulu sebagai landasan dasar. Kerja etimologi menuntut upaya yang besar. Maka dari itu, hanya dengan bekerja secara kolektiflah, pengkajian etimologi dapat membuahkan hasil yang komprehensif.

#etimologi #sejarahkata

Rujukan:

  • Durkin, Philip. 2009. The Oxford Guide to Etymology. New York: Oxford University Press.
  • Hayes, Justin Cord. 2012. The Unexpected Evolution of Language. New York: Adams Media.

Penulis: Yudhistira

Penyunting: Ivan Lanin