UKBI atau Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia adalah wadah yang dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, untuk mengukur kompetensi seseorang dalam berbahasa Indonesia. Layaknya TOEFL atau IELTS, UKBI juga memuat beberapa soal yang terbagi ke dalam sesi mendengarkan, merespons kaidah, membaca, menulis, dan berbicara. 

Pada 2020, mekanisme UKBI telah dimutakhirkan. E. Aminudin Aziz selaku kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa mengatakan bahwa pembaruan sistem ini membuahkan nama UKBI Adaptif Merdeka.

Barangkali, Kerabat Nara mengetahui bahwa UKBI hanya bisa dilakukan secara luring. Pada 2016, saya pun pernah mengikuti UKBI yang dilaksanakan langsung di kantor Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Kini, berkat pemutakhiran, UKBI dapat diakses dan dikerjakan secara daring. Lebih dari itu, sertifikat digital juga akan dikirimkan langsung menuju alamat surel peserta. 

Tentunya sistem ini dapat memudahkan berbagai kalangan yang ingin mengukur kompetensi dalam berbahasa. Lebih dari itu, peluncuran UKBI Adaptif Merdeka juga dinilai sebagai keseriusan pemerintah dalam mendorong masyarakat Indonesia untuk mencintai bahasanya.

Selain dapat dilakukan secara daring, UKBI Adaptif Merdeka juga memuat sistem pengerjaan soal yang berbeda. Sebelumnya, terdapat 150 soal dengan durasi pengerjaan selama sembilan puluh menit. Namun, pada UKBI Adaptif Merdeka, para peserta dapat mengerjakan soal dalam setiap sesi, selaras dengan kemahiran mereka masing-masing. Misalnya, saya mengikuti UKBI Adaptif Merdeka dan berhadapan dengan lima soal pada sesi mendengarkan. Jawaban saya atas lima soal tersebut akan menentukan keluarnya soal-soal lain dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Lewat algoritma seperti itu, kemampuan atau spesialisasi saya dalam berbahasa dapat teridentifikasi.

Meskipun terdengar lebih praktis dan efektif, pengerjaan UKBI Adaptif Merdeka mesti didukung dengan stabilitas jaringan internet serta kelengkapan peranti, seperti kamera dan penyuara jemala atau pengeras suara yang memadai.

 

Kerabat Nara bisa mengikuti UKBI Adaptif Merdeka dengan mendaftarkan diri di https://ukbi.kemdikbud.go.id/.

 

Rujukan:

Penulis: Yudhistira

Penyunting: Ivan Lanin